Buaya Sepanjang Tiga Meter Lebih Muncul di Sungai Aceh Jaya

Calang, Acehportal.com- Dalam beberapa hari ini, masyarakat di Gampong Padang, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya digegerkan dengan penampakkan seekor buaya di sungai setempat.

Buaya yang muncul diperkirakan memiliki panjang mencapai tiga meter lebih dan kerap memperlihatkan diri, khususnya saat malam hari.

Salah seorang warga setempat, Isnan mengatakan, saat ini yang terlihat cuma satu ekor buaya yang bahkan sering menampakkan diri di tepi sungai.

"Walaupun saat ini belum ada korban, tak sedikit dari nelayan mulai khawatir karena sudah mulai menampakkan diri," ujarnya Kamis (20/2/2020).

Untuk saat ini, kata Isnan, pihak BKSDA telah turun ke lokasi memasang perangkap buaya dan berharap buaya itu bisa segera ditangkap agar tak menjadi ketakutan saat mencari ikan dan kegiatan lain di dalam sungai.

"Kami berharap dengan hadirnya tim BKSDA ke kampung kami bisa segera menangkapnya," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BKSDA Aceh, Agus Aryanto yang dikonfirmasi terpisah mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dari warga setempat tentang kemunculan buaya itu.

Diakui, saat ini pihaknya juga telah memberikan sosialisasi serta imbauan kepada masyarakat setempat agar mengurangi aktivitas di pinggiran sungai atau lokasi kemunculan buaya, khususnya sore apalagi malam hari.

"Sementara ini yang kita lakukan sekaligus mengecek perkembangan, jika memang harus ditangkap dan dievakuasi akan dilakukan segera," kata Agus.

Pihaknya pun menduga, kawasan kemunculan buaya itu memang merupakan habitat dari buaya meski selama ini belum diterima laporan dan baru pertama kali buaya muncul di lokasi. ()

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...