Gampong Beurawe Siap Jadi Gampong Bersinar

Banda Aceh, Acehportal.com- Menindaklanjuti hasil kegiatan Asistensi Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba Kepada Lingkungan Masyarakat yang telah diselenggarakan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Banda Aceh Tahun 2019 untuk memerangi bahaya penyalahgunaan narkoba, maka sebagai langkah kongkrit dibentuklah Gampong Bersinar (Bersih dari Narkoba).

Salah satunya adalah Gampong Beurawe yang siap menjadi Gampong Bersinar dengan melakukan penandatanganan MoU antara Kepala BNNK Banda Aceh Hasnanda Putra dengan Geuchik Gampong Beurawe, Amri, Senin (17/2/2020) kemarin.

Dalam kegiatan ini, turut hadir Kasi P2M BNN Kota Banda Aceh Jufri, Kasi Keamanan dan Ketertiban Kecamatan Kuta Alam, Zulfitri dan Kasi Pelayanan Gampong Beurawe, Muhammad Fadhil.

Sebelumnya, di tahun 2019 telah ditetapkan tiga Gampong Bersinar yaitu Gampong Lampaloh, Gampong Peunayong dan Gampong Pineung.

Kepala BNNK Banda Aceh, Hasnanda Putra menyampaikan apresiasi terhadap Perangkat Gampong Beurawe yang telah melaksanakan Inpres Nomor 6 Tahun 2018 tentang P4GN.

Ia juga mengatakan, dengan adanya optimalisasi Gampong Bersinar, semua warga mulai tingkat dusun mempunyai kewajiban untuk menolak narkoba.

"Dengan melakukan kegiatan di lingkup masyarakat seperti pengajian, hendaknya disisipkan ceramah-ceramah yang berhubungan penolakan narkoba,” tegasnya, Selasa (18/2/2020).

Hasnanda mengharapkan, jika dari lingkungan gampong telah memiliki imun untuk menolak adanya peredaran maupun penyalahgunaan narkoba, tentu di Kota Banda Aceh tidak akan berkembang adanya peredaran gelap narkoba.

Alangkah baiknya, lanjut Hasnanda, jika kita mengantisipasi dan mendeteksi dini, jangan sampai penyalahgunaan narkotika berkembang lebih dahulu, karena para bandar tidak pernah melihat tempat dalam mengedarkan barang haram itu.

“Kita cegah dulu jangan sampai bisa masuk. Caranya kalau masyarakat sudah mempunyai kekuatan, insya Allah narkoba tidak akan bisa masuk di Gampong ini,” tuturnya.

Ia mengharapkan, ada kerja sama yang baik antara Babinsa dan Babhinkamtibmas, sehingga cita-cita menjadikan Gampong Beurawe sebagai Gampong Bersinar benar-benar terwujud.

“Gampong Beurawe sudah pernah kerjasama dengan BNN Kota Banda Aceh, untuk mensosialisasikan bahaya narkoba kepada generasi muda. Hal itulah yang membuat kami bangga, karena mereka mempunyai inisiatif untuk mencegah peredaran narkoba sekaligus membentengi gampong,” kata Hasnanda.

Sementara, Geuchik Beurawe, Amri menyampaikan dipilihnya Gampong Beurawe untuk menjadi Desa Bersinar, merupakan anugerah yang luar biasa, karena kerja sama dengan BNN Kota Banda Aceh juga telah dilakukan sejak lama, apalagi Kantor BNN Kota Banda Aceh bertempat di kawasan Gampong Beurawe.

“Kami warga Gampong Beurawe siap mewujudkan Desa Bersinar,” tegas Amri.

Direncanakan, dalam waktu dekat akan dilakukan Launching Beurawe Gampong Bersinar di Kota Banda Aceh. ()

Penulis:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...