Cegah Karhutla , Babinsa Kodim 0107 Aceh Selatan Tingkatkan Kegiatan Patroli dan Sosialisasi

Aceh Selatan, acehportal.com – Upaya pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Aceh Selatan terus dilakukan oleh para Babinsa Kodim 0107/Aceh Selatan, upaya ini dilaksanakan dengan meningkatkan kegiatan patroli bersama Dinas terkait dan juga kepolisian di daerahnya masing-masing. Selasa (11/02/2020).

Seperti yang dilaksanakan oleh para Babinsa Koramil 09/Trumon, dipimpin Serda Surya Dharma, bersama Damkar pos 06 Trumon, mereka berpatroli menyelusuri kebunan masyarakat dan lahan-lahan gambut yang dianggap rawan terjadinya kebakaran.

“Hari ini sasaran patroli kita di desa Cot Bayu, Lhok Raya, Padang Harapan dan juga desa Ujung Tanah,” kata Serda Surya Dharma.

Serda Surya mengatakan, selain melaksanakan patroli diwilayah yang dianggap rawan terjadinya kebakaran, Para Babinsa Koramil 09/Trumon ini juga  melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat Stop membakar hutan. Serda Surya juga mengajak warga ikut berperan aktif turut serta dalam menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran.

“Dalam upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan ini, peran serta masyarakat sangat diperlukan dengan cara tidak membakar hutan saat akan membuka lahan perkebunan” ujarnya.

Sementara itu, ditempat terpisah, Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf R. Sulistiya Herlambang HB telah memberikan instruksi kepada para Babinsa di Koramil jajaran agar memaksimalkan patroli di wilayah guna cegah dini terjadi Karhutla tersebut.

“Kita juga mensosialisakan kepada masyarakat yang mana jika dengan sengaja membakar hutan akan dikenakan undang-undang nomr 41 tahun 1999 tentang kehutanan, dimana didalamnya terdapat pasal 78 ayat 3 dan pasal 78 ayat 4, oleh karena itu, mencegah hal ini terjadi, maka kita himbau masyarakat untuk tidak sama sekali membakar hutan dan lahan,” tutur Dandim.

Komentar

Loading...