Dua Napi di Lapas Bireuen Kabur, Satu Orang Kembali Ditangkap

Ilustrasi napi kabur, Foto: Tempo

Bireuen, Acehportal.com- Dua orang narapidana (napi) yang menjalani hukuman di Lapas Klas IIB Bireuen kabur, Minggu (9/2/2020) sore. Diduga, kaburnya napi itu karena kelalaian petugas jaga lapas setempat.

Informasi yang dihimpun, dua napi yang kabur bernama Fauzan (28), warga Kecamatan Jeumpa dan Mustafa (30), warga Kecamatan Juli, Bireuen. Namun, Mustafa kembali ditangkap setelah sempat kabur dari lapas dan satu napi lain masih dalam pencarian.

Kaburnya dua napi itu berawal saat warga binaan yang salat Ashar di mushala. Tiba-tiba, dua napi yang tersandung kasus narkoba ini naik ke atap bangunan dan memanjat dinding lapas yang kemudian lompat dari pagar kawat.

Petugas jaga yang tersadar lalu mencoba mengejar keduanya. Satu diantaranya yakni Mustafa kembali ditangkap sementara Fauzan langsung kabur setelah merampas motor warga yang melintas.

Plh Lapas Klas IIB Bireuen, Ramli membenarkan hal itu. Ia pun mengaku satu diantaranya telah ditangkap kembali. Keduanya tiba-tiba keduanya memanjat dan melompat dari pagar kawan.

"Mereka melepas satu kawat duri, pakai sarung untuk turun tembok pagar. Melihat kejadian itu, petugas mengejar, Fauzan yang lebih dulu keluar dan merampas motor warga yang melintas," jelasnya.

Sementara Mustafa, cepat disergap petugas lapas. Diakui, kaburnya mereka menurut keterangan Mustafa yakni karena spontan. Ia pun kini diamankan di ruang isolasi.

Untuk mencari Fauzan, pihak lapas kini telah meminta bantuan Polres Bireuen. Pihaknya terus berupaya mencari napi yang kabur tersebut. ()

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...