Buron 4 Tahun, DPO Pembunuhan Mantan Keuchik di Aceh Timur Didor

Banda Aceh, Acehportal.com- Tim gabungan Polres Langsa mengamankan pelaku pembunuhan terhadap mantan keuchik Gampong Alue Kaol setelah menjadi buronan selama 4 tahun.

Pelaku diamankan Sabtu (8/2/2020) subuh tadi sekitar pukul 03.10 WIB di gampong setempat. Ia pun terpaksa dilumpuhkan polisi dengan timah panas karena berusaha melawan dan menyerang petugas saat ditangkap.

Dir Reskrimum Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sarjito mengatakan, pelaku yang diamankan berinisial ZA alias Aman Gaya (44), warga Kecamatan Rantau Selamat, Aceh Timur.

"Penangkapan dilakukan atas laporan tanggal 4 Agustus 2016 lalu, dimana pelaku selama ini kabur dan menjadi buronan," ujar Direktur.

Penangkapan berawal saat petugas menerima informasi masyarakat tentang keberadaan tersangka yang baru kembali ke kampung. Saat akan ditangkap, pelaku mencoba kabur dan melawan petugas.

"Pelaku menyerang petugas sehingga terpaksa dilumpuhkan, penangkapan ini dipimpin Kasat Reskrim Polres Langsa, Iptu Arief S Wibowo bersama Kasat Intelkam, AKP Zulfahmi," ungkapnya.

Sementara, Kapolres Langsa, AKBP Andy Hermawan melalui Kasat Reskrim, Iptu Arief S Wibowo menjelaskan, tersangka diketahui membunuh mantan keuchik Gampong Alue Kaol yakni Zainuddin pada 3 Agustus 2016 silam.

"Sehari pasca kejadian, pelaku ditetapkan sebagai DPO. Korban ditemukan meninggal dunia setelah lehernya dibacok pelaku di kebun miliknya," ungkap Kasat.

Diduga, pembacokan ini terjadi karena selisih paham tapal batas tanah kebun milik pelaku dan korban. Pasca kejadian, korban ditemukan oleh keluarganya yang curiga dan mencari keberadaan korban.

Tersangka ZA alias Aman Gaya diketahui baru kembali ke kampung halamannya sejak beberapa hari lalu. Saat akan ditangkap, tersangka berada di sebuah gubuk salah satu kebun warga.

"Saat akan ditangkap, pelaku melawan dan mencoba kabur, ia juga menyerang petugas dengan sebilah pisau sehingga dilakukan tindakan tegas terukur dengan melumpuhkan pelaku di bagian betis kanan," jelasnya.

Polisi pun mengamankan barang bukti berupa empat buah parang, tiga buah pisau, tiga buah pisau kikir serta sebuah gerinda dalam penangkapan ini.

Diduga, dari sejumlah barang bukti yang diamankan, satu diantaranya digunakan pelaku untuk membunuh korban. Tersangka dijerat dengan Pasal tentang pembunuhan. ()

Penulis:Hafiz
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...