DPRA Terima Kunjungan Duta Besar Swiss untuk Indonesia

DPRA Terima Kunjungan Duta Besar Swiss untuk Indonesia

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM – DPR Aceh mendapat kehormatan atas kunjungan kerja Duta Besar Swiss untuk Indonesia, H. E. Kurt Kunz dan Deputy Head of Mission (Wakil Duta Besar) Michael Cottier, Kamis (6/2/2020), pukul 15.00 s/d 16.30 WIB.

Pertemuan berlangsung di Ruang Kerja Ketua DPR Aceh, dan disambut langsung oleh H. Dahlan Jamaluddin, S.IP dengan turut didampingi oleh Para Ketua Fraksi dan Anggota Komisi I DPR Aceh yaitu Tarmizi Panyang, M Rizal Falevi Kirani, Zainal Abidin, S.Si, Ir. H. Azhar Abdurrahman, Hj. Asmidar, Bardan Sahidi dan Fuadri, S.Si, M.Si. .

Pokok pikiran dan narasi yang dibicarakan dalam pertemuan penting ini adalah:
1. Transitional Justice
Aceh dalam pemulihan (recovery) pasca konflik dan tsunami.
2. Pemenuhan kebutuhan dasar masyarat (basic social need) layanan pendidikan dan kesehatan.
3. Potensi ekonomi alam Aceh pada komoditi ekspor kopi, kakao, sere wangi, minyak nilam dan kentang granola (bukan tambang) ekstraktif.
4. Mitigasi dan penangulangan bencana dan konflik satwa dengan manusia pada perebutan lahan dan sumber makanan.
5. Partisipasi dan edukasi politik perempuan.

Kepada Duta Besar, Ketua DPRA Dahlan Jamaluddin mengucapkan terima kasih tak terhingga karena masyarakat Swiss peduli kepada kita ketika Aceh dilanda konflik dan juga musibah tsunami. Tentu, kita tidak lupa, dan selalu akrab dengan kata "Jenewa", tempat organisasi HAM dunia berkantor, ketika Aceh diamuk konflik.

Kepada duta besar, Ketua DPRA juga berharap agar Swiss terus membantu Aceh. Dalam bidang ekonomi, para pengusaha Swiss bisa berinvestasi di Aceh. Kampus-kampus terbaik di Swiss bisa menampung anak-anak muda Aceh untuk mendapatkan ilmu.

"Sebagai negara yang sistem demokrasinya lebih maju daripada Indonesia, saya juga berharap agar Swiss bisa terus memantau dan membantu menjaga demokrasi dan perdamaian di Aceh bisa terus berlanjut." ujarnya.

Selain berkunjung ke DPR Aceh, Delegasi Ambassador juga bertemu dengan Plt. Gubernur Aceh, KKR Aceh, Pemko Banda Aceh dan juga meninjau Museum Tsunami Aceh. (*)

Penulis:Rol
Rubrik:DPRA

Komentar

Loading...