Temuan 74 Kilogram Ganja Kering di Aceh Besar, Polisi Menduga Ada Ganja Lain yang ‘Lewat

Jantho, Acehportal.com- Personel Sat Resnarkoba Polres Aceh Besar menggerebek sebuah ladang ganja yang berada di kawasan Gampong Sare Aceh, Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar, Selasa (4/2/2020) kemarin.

Dalam penggerebekan ini, pihaknya mengamankan seorang tersangka selaku pemilik ladang berinisial MR dan barang bukti 74 kilogram ganja kering yang sudah dipres dan hendak dipacking di sebuah gubuk.

Selain tersangka MR, polisi pun masih mencari keberadaan seorang tersangka lain berinisial MUR yang diduga terlibat. MUR pun saat ini telah ditetapkan dalam daftar pencarian orang (DPO) Sat Resnarkoba Polres Aceh Besar.

"Satu DPO masih diburu, diduga terlibat karena menurut keterangan yang menanam ganja di ladang ini adalah mereka berdua," ujar Kapolres Aceh Besar, AKBP Ayi Satria Yudha melalui Kasat Resnarkoba, AKP Raja Aminuddin Harahap, Rabu (5/2/2020).

Selain itu, jelas Kasat, setelah pihaknya melakukan pemeriksaan, tersangka MR mengaku telah dua kali menanam ganja di lokasi tersebut. Penanaman pertama dilakukan tahun 2018 lalu yang hasilnya mencapai 200 kilogram ganja kering.

"Namun dia mengaku 200 kilogram ganja itu ditangkap di Medan, Sumatera Utara. Saat itu, rencananya dikirim ke Depok dan Jakarta oleh orang suruhannya, namun keburu ditangkap di Medan dan ini yang kita tangkap kemarin penanaman kedua," ungkap Raja.

Polisi pun tak percaya dengan pengakuan MR yang mengatakan bahwa hasil panen dari satu hektar ladang ganjanya itu hanya mencapai 74 kilogram yang diamankan pihaknya. Mereka yakin, ada barang bukti ganja lain yang telah dilewatkan ke luar daerah.

"Logika saja kalau dulu (tahun 2018) hasilnya 200 kilogram, kalau pun menurun paling hanya menurun 30 kilogram, karena biasanya satu hektar ladang ganja memang mencapai 200 kilogram hasil panennya, tetapi ini yang kita amankan hanya 74 kilogram," jelasnya.

"Jadi, kita yakini bahwa memang ada ganja yang sudah dipres lalu sudah disembunyikan atau dilewatkan, makanya kita terus kejar satu DPO ini untuk perkembangannya," sambung mantan Kasat Resnarkoba Polres Pidie ini.

Tersangka MR beserta barang bukti ganja seberat 74 kilogram tersebut saat ini masih diamankan di Mapolres Aceh Besar untuk diproses lanjut. Polisi juga masih terus mendalami kasus ini.

"Nanti akan kita informasikan lebih lanjut jika ada perkembangan," tambah AKP Raja Aminuddin Harahap. ()

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...