Ganja dari Aceh

Boks 250 Kg Ganja di Pluit Ditaburi Kopi untuk Kelabui Anjing K9

Foto: BNN dan Bareskrim amankan 250 kg ganja di Pluit, Jakut (Dok. Istimewa)

Jakarta - Bareskrim Polri dan Badan Narkotika Nasional (BNN) bekerja sama menangkap sindikat pengedar ganja Aceh-Medan-Jakarta-Bandung.

BNN menyebut sindikat ini mengemas 250 kg ganja di boks dan menaburkan bubuk kopi untuk menyamarkan aroma ganja agar tidak mudah terendus anjing pelacak.

"(Ganja itu) dikemas dalam 6 kotak atau kardus dan ditaburi dengan kopi biji dan kopi bubuk untuk menghilangkan bau jika dicium anjing pelacak K9," kata Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (4/2/2020).

Arman menyebut 250 kg ganja itu dibawa dari wilayah Aceh menggunakan truk kontainer. Paket-paket ganja itu dicampur dengan barang-barang kelontong dengan tujuan mengelabui petugas.

"Narkoba tersebut dibawa dari Aceh menggunakan truk kontainer dicampur dengan barang-barang kelontong melalui jalan darat menuju Medan, Lampung," ungkap Arman.

Arman menyebut penyidik hampir kehilangan jejak dari sindikat ini saat membuntuti mereka. Sebab, saat sindikat ini berada di Lampung, mereka tidak menggunakan kapal reguler biasa.

"Saat di Pelabuhan Bakauheni, untuk mengelabui petugas truk tidak menggunakan Kapal Roro reguler, melainkan menumpang Tongkang sehingga petugas sempat kehilangan jejak," kata Arman.

"Hasil pencarian lanjut truk itu ditemukan di daerah Pluit, Jakut, di tempat parkir kendaraan-kendaraan ekspedisi dan rencananya dari TKP akan didistribusikan ke wilayah-wilayah Jakarta dan Jawa Barat," sambungnya.

Wadir Reserse Narkoba Bareskrim Polri Kombes Krisno Siregar sebelumnya menerangkan para pelaku ditangkap di dua lokasi, yaitu kawasan pergudangan Jembatan Tiga Barat dan Muara Karang Selatan, Jakarta Utara (Jakut).

Dalam kasus ini, aparat telah mengamankan 6 tersangka yaitu Supriyadi Mohammad Samsul Arifin, Iwan Giantoro, Indra, Suhendar dan Gani Nugraha kurir Bandung.

Selain ratusan kilogram ganja, polisi juga mengamankan satu truk boks dan dua mobil minibus yang digunakan para tersangka untuk membawa barang haram tersebut.

Sumber:detik.com
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...