Anggota DPR Aceh, Nora Idah Nita Berharap Nilam Aceh Berkualitas Ekspor

Nora Idah Nita, SE (F.Demokrat) menghadiri undangan penandatanganan kerjasama (MoU) tentang Nilam antara Unsyiah yang dihadiri langsung oleh Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng selalu Rektor dengan Pengusaha dari Negara Republik Perancis yaitu Mr. Bernard dan Mustafa bersama Petani dari Nagan Raya dan Bener Meriah

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Anggota DPR Aceh, Nora Idah Nita, SE (F.Demokrat) melakukan kunjungan ke pusat Research Nilam Aceh di Universitas Syiah Kuala, Senin (3/2/2020).

Dalam kunjungan tersebut, Nora Idah Nita berkesempatan meninjau proses penyulingan nilam di pabrik, proses pembuatan parfum Neelam dan juga proses penanaman batang nilam di area kampus Unsyiah.

"Semoga Nilam Aceh dapat terus dikembangkan menjadi bahan jadi dan berkualitas ekspor." harapnya.

Nora Idah Nita, SE (F.Demokrat) juga ikut menghadiri undangan penandatanganan kerjasama (MoU) tentang Nilam antara Unsyiah yang dihadiri langsung oleh Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng selalu Rektor dengan Pengusaha dari Negara Republik Perancis yaitu Mr. Bernard dan Mustafa bersama Petani dari Nagan Raya dan Bener Meriah.

Dalam penandatanganan tersebut turut hadir Kepala Bank Indonesia Perwakilan Aceh, Purek III Unsyiah, Kepala Bappeda Aceh, Kadis Perindag Aceh, Kajur Kimia FMIPA Unsyiah dan juga pegiat minyak atsiri.

Seperti kita ketahui Perancis merupakan pusat mode dan parfum dunia dan nomor 1 di dunia dimana salah satu bahan baku pembuatan parfum berasal dari minyak Atsiri (Nilam, Cengkeh, Pala, Serai wangi, kayu putih, dll).

Nora Idah Nita mengapresiasi kerjasama ini dimana para petani dapat terhubung langsung dengan pembeli (buyer), dimana dalam prosesnya mendapat pendampingan dari @unsyiah.ac.id selaku lembaga akademik jantoeng hate rakyat Aceh.

Nantinya Nora juga berharap komoditi ekspor tersebut juga dapat dikembangkan di Kabupaten Aceh Tamiang dan Kota Langsa selaku Dapilnya.

"Semoga minyak Atsiri Aceh mendunia dan petani Aceh sejahtera tanpa cukong yang memainkan harga."imbuhnya lagi. (*)

Penulis:Rol
Rubrik:DPRA

Komentar

Loading...