Musim Kemarau, Dandim 0114/Aceh Jaya Himbau Waspada Karhutla

Aceh Jaya, acehportal.com - Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letkol Czi Arief Hidayat menghimbau semua pihak untuk bersama - sama mencegah terjadinya kabakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kawasan Kabupaten Aceh Jaya, Senin (3/2/2020).

Himbauan ini bukan tanpa alasan karena kawasan Aceh Jaya saat sedang dilanda musim kemarau yang sangat rentan timbulnya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

" Saat ini daerah kita sedang dilanda musim kemarau. Kondisi seperti ini sangat rentan akan timbulnya kebakaran lahan. Mari sama - sama kita antispasi dan cegah bersama - sama, " kata Dandim.

Kepada warga yang ingin membuka lahan pertanian, Dandim meminta agar tidak melakukannya dengan cara dibakar.

" Jangan membuka lahan dengan cara dibakar karena dikhawatirkan tidak terkendali dan menimbulkan kerusakan lingkungan yang lebih besar, " himbau Dandim.

Dandim juga mengungkapkan bahwa dalam beberapa hari terakhir terpantau titik api dibeberapa kecamatan dalam Kabupaten Aceh Jaya.

" Beberapa hari terakhir terjadi pembakaran lahan di Kecamatan Setia Bakti, Sampoiniet dan Panga. Semuanya bisa kita atasi berkat kerja sama antara jajaran Kodim 0114/Aceh Jaya, Polres Aceh Jaya dan BPDB Aceh Jaya serta warga, " ungkapnya.

Untuk memastikan kawasan Aceh Jaya bebas dari Karhutla Dandim telah mengerahkan jajarannya untuk melakukan patroli dan sosialisasi kepada warga.

" Kita akan patroli bersama setiap hari dan mensosialisasikan kepada warga agar sama - sama berpartisipasi mencegah terjadinya kebakaran  hutan dan lahan, " pungkas Dandim.

Komentar

Loading...