Aceh Selatan Sudah Miliki Rumah Tahfidz Qur’an

Foto bersama usai peresmian rumah Tahfidz Quran di Aceh Selatan

ACEH SELATAN, ACEHPORTAL.COM - Aceh Selatan kini telah memiliki pondok/rumah Tahfidz Qur'an yang baru diresmikan Senin, (6/1/2020) di Jalan. T. Ben Mahmud Gampong Hilir.

Peresmian dan tasyakuran rumah Tahfidz Cahaya Qur'an dan Mts Cahaya Qur'an ini didirikan berdasarkan izin operasional dari Kanwil Kementerian agama Aceh No: 497 Tahun 2019 tanggal 21 oktober 2019 yang berada di bawah naungan Yayasan Berkah Cahaya.

Peresmian rumah tahfidz ini dilaksanakan oleh Sekretaris Daerah Aceh Selatan H. Nasjuddin yang mewakili Plt bupati.

Dalam sambutannya Plt Bupati Aceh Selatan yang dibacakan Sekda sangat berterima kasih kepada para pendiri yayasan dan para pimpinan, para ketua dan guru rumah tahfidz Cahaya Quran.

"Dengan diresmikannya rumah tahfidz ini saya berharap bisa menjaring dan menumbuh kembangkan hafidz dan hafidzah qur'an di Aceh Selatan," ujarnya.

Sementara itu anggota DPRA Hendriyono yang turut hadir dalam peresmian rumah Tahfidz Qur'an mengatakan, rumah Tahfidz ini salah satu alternatif solusi penjagaan generasi muda agar lebih produktif dan bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri namun juga bagi orang lain, apalagi melihat perkembangan zaman yang terus berubah dengan sangat dinamis.

"Harapan besar tertumpu pada para hafidz kelak untuk tetap meneruskan risalah kenabian lewat Al Quran melalui rumah Tahfidz ini. Sehingga keberjalanan rumah Tahfidz ini menjadi hal yang penting untuk terus dipertahankan di Aceh Selatan." ujar Hendriyono.

Menurutnya, Rumah tahfidz adalah langkah tepat dalam upaya pembinaan berkelanjutan terhadap penghafal al quran, sehingga mampu mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas dan qurani. Tentunya hal ini juga yang menjadi salah satu tujuan didirikannya rumah Tahfidz penghafal Al-Qur’an.

Kepala Kantor Kemenag Aceh Selatan Drs Risrizal Nas S.Ag sangat apresiasi atas peresmian rumah tahfidz ini, dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada ketua Yayasan Berkah Cahaya Musdaijar, SE atas keihlasannya berinvestasi untuk akhirat ini.

"Semoga akan muncul Musdaijar lain dalam mengembangkan rumah Tahfidz di Aceh Selatan." ujarnya.

Sementara Direktur rumah Tahfidz Cahaya Quran Tgk. Muliyadi Aly dalam laporannya menyampaikan bahwa program kerja lembaga ini yaitu, program hafidz 30 juz beserta tafsirnya dan pengkajian ilmu-ilmu syariah lainnya , juga mengirim para hafidz ke rumah tajfidz ternama lain di Aceh dan luar alAceh.

Selain itu juga program sunat rasul massal setiap tahun. "Tahun pertama, kita sudah menerima 27 orang santri, diantaranya 12 santri adalah anak yatim dan kurang mampu yang semuanya menjadi tanggung jawab yayasan sementara sisanya adalah santri mandiri." ujar Muliyadi.

Pengurus juga mengharapkan adanya orang tua asuh bagi anak yatim dan kurang mampu untuk masa yang akan datang. Pihaknya juga akan menjalankan program umrah bagi santri yang menyelesaikan hafalan 20 juz dengan baik, kemudian beasiswa bagi santri yang mencapai target hafalan 3,5 juzz per semester.

Peresmian ini turut dihadiri Kepala Kemenag Kabupaten Aceh Selatan, pimpinan-pimpinan dayah, Tgk. H.Mukhkis Alyusufi (Abu Ngoh) Tgk. Rasyidi, Tgk. Muhammad Jazuri Syam, pimpinan perbankan, anggota Dpra dapil 9 Hendriyono, anggota Dprk Aceh Selatan, kepala skpk Aceh Selatan.

Komentar

Loading...