Kandang Terbakar, 700 Anak Ayam Terpanggang di Aceh Besar

Kebakaran kandang ayam di Gampong Meunasah Deyah, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Sabtu (14/12/2019) malam.

Jantho, Acehportal.com - Kebakaran kandang ayam terjadi di Gampong Meunasah Deyah, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Sabtu (14/12/2019) malam. Akibatnya, sebanyak 700 ekor lebih anak ayam yang akan diternak terpanggang.

Informasi yang dihimpun dari Kalaksa BPBD Aceh Besar, Farhan AP melalui petugas Pusdalops, Maswani, kandang ayam yang terbakar milik seorang warga bernama Hamadi Sulaiman (35), warga setempat.

"Kandang ayam berkontruksi kayu dan mengalami rusak ringan yang terbakar lebih kurang 60 persen," ujarnya.

Kebakaran kandang ayam ini diketahui setelah warga melapor ke petugas damkar yang sedang piket di Pos Induk Sibreh BPBD Aceh Besar. Menerima informasi itu, petugas langsung menuju ke lokasi kejadian dengan mengerahkan satu unit armada damkar dibantu dengan satu mobil penyuplai air.

"Dari keterangan pemilik, kandang ayam itu baru diisi anak ayam sebanyak 800 ekor empat hari lalu. Api berawal dari pembakaran sekam padi yang dibakar untuk menghangatkan anak ayam, api membesar dan merambah ke dinding kandang sehingga terbakar," jelasnya.

Api yang sempat membakar kandang itu pun akhirnya padam setelah petugas memadamkan api dengan bantuan personel TNI/Polri dan masyarakat setempat. Kasus ini, lanjut Maswan, masih dalam penanganan pihak yang berwajib.

"Api padam sekitar pukul 23.10 WIB, api membakar sebagian bangunan dan tidak sempat merambas ke bagian lain, hanya mengalami rusak ringan (60 persen) dan anak ayam ikut terbakar lebih kurang 767 ekor," tambahnya. ()

Penulis:Hafiz
Rubrik:Peristiwa

Komentar

Loading...