Jumlah Laka Lantas di Aceh Meningkat 13 Persen

Dir Lantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Jumlah kecelakaan lalu lintas di wilayah Aceh mengalami peningkatan. Pada Oktober lalu, kecelakaan lalu lintas yang terjadi sebanyak 301 kasus, sementara bulan November terjadi kecelakaan sebanyak 341 kasus. Artinya, angka kecelakaan lalu lintas di Aceh meningkat sebesar 13 persen.

Hal ini dikatakan Dir Lantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani, Selasa (3/12/2019). Direktur mengatakan, wilayah yang rawan akan kecelakaan ini adalah kota Banda Aceh, Bireuen, Pidie, Aceh Timur dan Aceh Besar.

"Kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi menurut waktu antara pukul 12.00 hingga 18.00 WIB dalam bulan Oktober 96 kasus dan November 134 kasus, ada peningkatan 40 persen," ujarnya.

Dir Lantas menjelaskan, jenis kecelakaan yang terjadi itu pun beragam, mulai dari kecelakaan tunggal hingga kecelakaan yang melibatkan banyak kendaraan lainnya. Kecelakaan ini, kerap terjadi di kawasan pemukiman warga, pusat perbelanjaan serta kawasan pertokoan.

"Faktornya pun beragam, seperti karena tidak tertib, lengah saat berkendara hingga kelelahan si pengendara saat melajukan kendaraannya," kata mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan ini.

Oleh karenanya, Dicky mengimbau agar masyarakat agar mematuhi aturan lalu lintas dengan tidak melanggar batas kecepatan berkendara, rambu lalu lintas yang ada di jalan raya, marka jalan, tidak melawan arus dan yang lainnya.

"Selain itu pastikan kondisi kesehatan tidak lelah atau mengantuk saat berkendara, waspada musim hujan yang mengakibatkan jalanan licin, berkabut dan banjir termasuk hormati dan berikan prioritas kepada pejalan kaki," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...