Cara Mengecek Lolos atau Tidak dalam Seleksi Administrasi CPNS 2019

Calon pegawai negeri sipil (CPNS) dalam acara Presidential Lecture 2019 yang digelar di Istora Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (24/7/2019). Pemerintah mengkaji para PNS untuk bekerja di rumah(KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA)

Jakarta – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 yang dibuka pada 11 November 2019 akan berakhir dalam pekan ini.

Sejumlah instansi ada yang sudah menutup pendaftaran, sebagian lainnya ada yang masih membuka hingga beberapa hari ke depan.

Setelah proses pendaftaran usai, bagaimana cara pelamar mengetahui apakah dirinya lolos atau tidak dalam seleksi administrasi CPNS 2019? Plh Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, untuk peserta yang ingin mengecek lolos atau tidak dalam seleksi administrasi, bisa mengeceknya pada portal SSCN.

“Login di portal SSCASN pada range waktu yang disebutkan dalam pengumuman instansi,” ujar RIdwan, saat dihubungi Kompas.com, Senin (02/12/2019).

Jika seorang pelamar dinyatakan lulus, maka akan muncul keterangan “Selamat Anda Lulus”. Sementara, mereka yang tidak lolos akan mendapatkan keterangan “Maaf Anda Tidak Lulus" dengan disertai alasannya.

Peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi CPNS 2019, akan mendapatkan informasi mengenai jam seleksi.

“Maka ketika mencetak kartu di situ akan ada: saya Mohammad Ridwan dapatnya sesi ke 5 pada katakanlah 2 Februari 2020 pukul sekian, itu ada,” ujar Ridwan dalam acara QnA live di Youtube resmi BKN, Senin (2/12/2019).

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui lolos tidaknya seorang peserta dalam seleksi administrasi, BKN akan meminta setiap instansi menyediakan informasi tersebut di website dan media sosial.

Selain itu, setiap instansi di daerah diminta menyediakan papan pengumuman berisi daftar nama peserta yang losos seleksi administrasi. Meski demikian, ia juga mengimbau kepada para peserta, untuk tidak berulang kali melakukan login pada situs SSCN pada 15-20 Desember 2019.

Alasannya, pada rentang waktu tersebut administrator instansi tengah melakukan verifikasi.

Untuk Anda yang sampai dengan hari ini belum mendaftar CPNS, masih ada sejumlah instansi yang belum menutup pendaftarannya, di antaranya adalah:

  • Kementerian energi dan Sumber Daya Manusia
  • Kemenko PMK
  • Kementerian Perdagangan
  • Badan Pembinaan Ideologi Pancasila
  • Kementerian Koperasi dan UKM
  • Badan Penanggulangan Terorisme
  • Kemendikbud Dikti
  • Kementerian riset dan Teknologi
  • Badan Pemeriksa Keuangan
Sumber:Kompas.com
Rubrik:News

Komentar

Loading...