Rusak Akibat Longsor, Akses Jalan Pante Cereumen Diminta Segera Ditangani

Meulaboh, Acehportal.com - Akses jalan kecamatan Pante Cereumen menuju kota Meulaboh tepatnya di Desa Jambak, kabupaten Aceh barat, rusak parah akibat longsor dan berlumpur. Dampak tersebut membuat sejumlah warga setempat harus ekstra hati-hati pada saat melintasi jalur tersebut.

Diketahui, Longsoran itu terjadi sejak Kamis (21/11/2019) pekan lalu, namun sampai saat ini kondisi jalan tersebut masih terlihat berlumpur dan terlihat sebagian warga yang melintasi jalur harus ekstra hati-hati dikarenakan jalannya sangat licin.

Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Barat Ramli SE Selasa (26/11/2019), meninjau langsung ke lokasi setelah mendengar kabar dari masyarakat setempat, yang menyatakan terjadinya longsoran tanah yang menutupi akses jalan itu.

"Dari laporan masyarakat saya turun kelapangan hari ini untuk melihat langsung hasil laporan yang saya terima, kemudian yang saya ketahui longsoran ini sudah menjelang lima hari, namun sangat disayangkan sampai saat ini dari pihak pemerintah belum ada penanganan khusus mengenai longsoran tersebut," kata Ramli.

Harapannya, kepada pemerintah terkait longsoran itu harus segera ditangani, mengingat kondisi jalan sudah sangat memprihatinkan, dengan kondisi jalan saat ini penuh dengan lumpuran tanah liat dan licin, kondisi tersebut, sangat membahayakan bagi warga saat melintasi jalan itu. Lebih ektrimnya lagi jalur tersebut juga berdekatan dengan jurang,"ujarnya.

Selain itu, jalan lintas tersebut juga merupakan satu-satunya jalur alternatif yang sering dilintasi warga jika hendak menuju ke kota Meulaboh atau menuju ke pemukiman penduduk setempat.

"Saya sangat kecewa terhadap pemerintah daerah seharusnya pihak dinas terkait segera dibersihkan longsoran tanah ini, karena untuk anggara rutin ada Rp 1.2 miliyar tapi kenapa sampai saat ini tidak ada satupun dari dinas terkait yang melakukan pembersihan longsoran ini,"tambahnya.

Jika persoalan ini terus dibiarkan, lanjut Ramli, maka masyarakat yang tinggal di Kecamatan Pantai Cereumen akan terisolir.

"Jika dalam waktu dekat ini pihak pemerintah tidak ada reaksi, maka saya sendiri yang menghadap langsung Kepala BPBD dan dinas PUPR karena ini harus segera ditangani terutama untuk pembersihan,"pungkasnya.

Penulis:Dani
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...