Kotoran Sampah Cemari Pantai di Aceh Barat

Sampah domestik dan ranting kayu yang berceceran di bibir pantai Desa Peunaga Pasie, Kecamatan Meurebo, Kabupaten Aceh Barat, Senin (25/11/2019).

Meulaboh, Acehportal.com- Kumpulan sampah plastik dan ranting kayu membuat keindahan pantai di Desa Peunaga Pasie, Kecamatan Meurebo, terlihat kotor. Dampak kotoran tersebut membuat sejumlah wisatawan lokal enggan berkreasi ke wilayah pantai Aceh Barat itu.

Pantauan Acehportal dilokasi, pencemaran kotoran ranting kayu dan sampah plastik itu mulai meluas dan meliputi sepanjang pesisir pantai, yakni, Desa Peunaga Rayeuk, Penaga Cut dan Peunaga Pasie. Hingga saat ini kondisi dilokasi masih terlihat gunungan sampah yang berceceran disepanjang bibir pantai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aceh Barat, Mulyadi S.Hut, Senin (25/11/2019) mengatakan kotoran sampah dan ceceran ranting kayu itu, kini mulai ditangani oleh masyarakat setempat. Sebelumnya hal ini juga sudah pernah terjadi pada tahun lalu, dan sudah pernah dilakukan pembersihan oleh dinas tersebut.

"Sebelumnya sudah kita lakukan pembersihan kotoran sampah domestik dan ranting kayu ini dengan warga setempat, dan kotoran ini juga bisa dikatakan musiman. Untuk saat ini terkait pembersihan sudah ditangani oleh warga setempat, dan pantai itu pun juga merupakan objek wisata gampong," ujarnya.

Dikatakanya, jika sudah dilakukan pembersih oleh masyarakat setempat, pihak DLHK sudah menyediakan beberapa unit truk untuk pembuangan sampah, disamping itu mereka juga sangat mendukung proses pembuangan sampah tersebut dilakukan secepatnya.

Selain kotoran sampah domestik dan ranting kayu itu, kotoran bongkahan batu bara yang berceceran dibibir pantai juga menjadi salah satu faktor utama yang merusak keindahan pesisir pantai wilayah tersebut.

Ceceran batu bara tersebut, diduga tumpah ruah dari aktivitas perusahaan pertambangan yang beroperasi di sekitar wilayah Desa Peunaga Pasie itu.

Meski sebelumnya pihak perusahaan pertambangan sudah pernah melakukan pembersih, namun kotoran limbah batu bara tersebut kembali mengotori wilayah pantai Desa Peunaga Pasie, Kabupaten Aceh Barat. ()

Penulis:Dani/As
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...