Aster Kasdam IM Buka Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka Saka Wira Kartika terpusat Kodam IM

Aceh Besar, Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko diwakili oleh Asisten Teritorial Kasdam Iskandar Muda (Aster Kasdam IM), Kolonel Inf M Yamin Dano membuka kursus mahir dasar pembina Pramuka Saka Wira Kartika terpusat tingkat daerah Kodam Iskandar Muda Tahun 2019 di Desa Jantho Baro, Kec. Jantho Kab. Aceh Besar, Minggu 24 November 2019.

Kegiatan kursus mahir dasar pembina Pramuka Saka Wira Kartika terpusat tingkat daerah Kodam Iskandar Muda Tahun 2019 tersebut diikuti oleh 300 peserta, terdiri dari Perwira Korem dan Kodim serta Babinsa Kodam IM.

Pangdam IM dalam sanbutannya yang dibacakan Aster Kasdam IM menyampaikan, bahwa Pembinaan pramuka bertujuan untuk membentuk generasi muda Bangsa Indonesia berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan Ke-bhinneka Tunggal Ika-an dengan semangat bela negara.

Lanjut Aster, penyelenggaraan kursus mahir dasar pembina pramuka Saka Wira Kartika terpusat tingkat daerah dalam rangka menambah pengetahuan dan keterampilan peserta, serta mengembangkan rasa persaudaraan dan persatuan di kalangan pembina, pamong, Instruktur melalui kegiatan yang bersifat aktif, kreatif, inovatif dan edukatif, serta meningkatnya sumber daya manusia kader. Pembina pramuka yang berakhlak mulia, disiplin, terampil, mandiri serta memiliki semangat “Budi Bhakti bawa Laksana”.

“Hal ini sejalan dengan tema kegiatan ini yaitu, TNI-AD melalui kursus mahir dasar pembina pramuka Saka Wira Kartika terpusat tingkat daerah membentuk kader pembina Pramuka mahir dasar saka wira kartika yang Handal dan profesional,” kata Pangdam IM.

Pangdam IM berpesan, agar peserta mengikuti seluruh materi yang diberikan oleh Pelatih / instruktur diantaranya, prinsip dasar dan metode kepramukaan, program kegiatan peserta didik (prodik), cara membina pramuka, Organisasi, alat pendidikan, kegiatan di alam Terbuka, pendidikan pendahuluan bela negara (PPBN), dan Materi Saka Wira Kartika.

“Sehingga dapat melahirkan pembina pramuka yang handal dan profesional guna mendukung optimalisasi pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika di wilayah jajaran Kodam Iskandar Muda,” harap Pangdam IM dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Aster Kasdam IM Kolonel Inf M Yamin Dano.

Dalam pembukaan kegiatan tersebut, turut dihadiri, Sekretaris Kwarda, Muspida Aceh Besar, Para Pelatih Pramuka Kwarda Aceh dan Muspika Jantho.

Komentar

Loading...