Lakukan Penilaian Desa Mandiri Tim Kodam IM di Wilayah Kodim 0118/Subulussalam

Subulussalam - Tim penilai perlombaan desa mandiri tingkat  Kodam Iskandar Muda (IM) melakukan penilaian terhadap salah satu kandidat desa mandiri di wilayah Kodim 0118/Subulussalam yaitu Desa Suka Makmur Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Jum'at (22/11/2019).

Tim penilai dari staf terirorial Kodam IM ini dipimpin  oleh Pabandya Puanter Letkol Arm Kusdi Yuli.

Kehadiran tim penilai tersebut disambut meriah oleh unsur Muspika, tokoh, anak sekolah dan warga setempat dengan tari adat “ Pak pak” dan pemberian ulos.

Keuchik Desa Suka Makmur yang diwakili oleh Seketaris Desa Joni pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 0118/Subulussalam karena Desa Sukamakmur ditunjuk sebagai kandidat Desa Mandiri tingkat Kodam IM mewakili Kodim 0118/Subulussalam.

Selanjutnya dihadapan tim penilai, Sdr Ketua Pok KTNA  memaparkan kondisinya desa serta kegiatan pertanian dan peternakan.

Pada kesempatan yang sama kata sambutan Dandim 0118/Subulussalam Letkol Inf Winatko S.Ag, M.Tr(Han) menyamapaikan selamat Datang kepada Tim Penilaian Desa Mandiri dari Kodam IM.

"Inilah desa mandiri dari Kodim 0118/Subulussalam, semoga Kandidat Desa Mandiri ini bisa terpilih," ujar Dandim.

Ketua tim penilai Letkol Arm Kusdi Yuli pada kesempatan ini menyampaikan penilaian desa mandiri ini adalah tahun kedua, dirinya bersama tim penilai dari Kodam saat ini terus berkeliling Aceh untuk melakukan penilaian desa yang sudah ditunjuk.

“  Tujuan kegiatan ini mempunyai dampak yang bagus untuk kemajuan desa dan bisa menjadi motivasi untuk desa - desa lainya yang berada di Kota Subulussalam, “ kata Kusdi.

Kusdi juga menjelasakan bahwa banyak desa – desa  sudah mandiri yang dapat dicontoh oleh desa lainnya sehingga tidak lagi mengalami ketergantungan terhadap Pemkot maupun pemerintah pusat.

Tim penilai selanjutnya melakukan peninjauan langsung terhadap kondisi sarana dan prasarana di Desa Sukamakmur.

Tim Penilai juga mengunjungi beberapa tempat kegiatan usaha seperti Tanaman kates california, pengasapan lele, penyulingan nilam, pembibitan durian, korma,jambu madu, mangga, BUMD ( penggilingan padi ), ternak lalat Biofon, peternakan sapi, pengolahan pakan sapi dan kolam ikan nilai

Adapun aspek kategori penilaian desa mandiri Kodam Iskandar Muda adalah sebagai berikut :

  1. Beridiologikan Pancasila
  2. Sadar Hukum
  3. Bebas Narkoba
  4. Swasbada pangan
  5. Memiliki ekonomi mandiri
  6. Lingkungan Kamtibmas yang baik (Siskamling)
  7. Berpendidikan dan memiliki keterampilan
  8. Lingkungan yang sehat
  9. Toleransi antar umat beragama
  10. Karang taruna  (Oraganisasi pemuda)
  11. Saran prasarana BUMG
  12. Sarana prasarana pendidikan
  13. Sarana prasarana olahraga
  14. Sarana prasarana kesehatan
  15. Sarana prasarana pertanian
  16. Sarana prasarana pembibitan macam-macam pohon.

Komentar

Loading...