Tim Penilai Desa Mandiri Tahun 2019, Menyambangi Kodim 0110/Abdya

Abdya – Tim penilai lomba Desa Mandiri tingkat Kodam Iskandar Muda (IM) Tahun 2019 melakukan penilaian terhadap Desa Keude Baro yang merupakan kandidat pada perlombaan Desa Mandiri di Wilayah Kodim 0110/Abdya, yang berlangsung di Gedung Serba Guna, Desa Keude Baro, Kecamatan Kuala Batee, Rabu (20/11/2019).

Tim penilai dari Kodam IM  tersebut dipimpin oleh Letkol Arm Kusdi Yulisuhandra (Pabandya Puanter) yang turut didampingi oleh, Dandim 0110/Abdya (Letkol Czi M. Ridha Has, ST.MT), para Perwira Staf dan Danramil, Muspika serta para Keuchik Sekecamatan Kuala Batee.

Keucik Desa Keude Baro, Zainun mewakili masyarakat Desa Keude Baro pada kesempatan tersebut mengucapkan selamat datang kepada Tim penilai, pada kegiatan Desa Mandiri ini.

“Kami juga mengucapkan terimakasih banyak atas kepercayaannya Desa Keude Baro telah dipercayakan sebagai kandidat untuk mengikuti Lomba Desa Mandiri Tahun 2019 tingkat Kodam IM mewakili Kodim 0110/Abdya,” ucapnya.

Pada kesempatan itu juga Kechik, menjelaskan kondisi Desa dan masyarakatnya.

“Bahwa Desa keude Baro ini sebagian besar terdiri dari lahan gambut, dan masyarakat  pada umumnya berprofesi sebagai petani dan nelayan," jelas Keuchik Desa Keude Baro.

Sementara, dalam sambutannya Pabandya Puanter Kodam IM mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah bersedia menerima timnya di Desa Keude Baro.

Lanjut Pabandya Puanter Kodam IM, dalam kegiatan perlombaan ini maka kedepannya desa desa yang ada di dalam Kecamatan Kuala Batee dapat berdiri sendri atau lebih mandiri dan tidak bergantung  lagi kepada Pemerintah Daerah.

“Diharapkan kedepan semua aparatur desa dapat bersinergi dengan muspika,baik Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas dalam menciptakan terobosan baru untuk menjadi lebih baik lagi," ujar Pabandya Puanter.

Di akhir sambutannya Letkol Kusdi juga menjelaskan beberapa kriteria penilaian pada kegiatan ini antara lain:

  1. Beridiologi Pancasila
  2. Sadar Hukum
  3. Bebas Narkoba
  4. Swasembada pangan
  5. Memiliki ekonomi mandiri
  6. Lingkungan Kamtibmas yang baik (Siskamling)
  7. Berpendidikan dan memiliki keterampilan
  8. Lingkungan yang sehat
  9. Toleransi antar umat beragama
  10. Karang taruna (organisasi pemuda)
  11. Saran prasarana BUMG
  12. Sarana prasarana pendidikan
  13. Sarana prasarana olahraga
  14. Sarana prasarana kesehatan
  15. Sarana prasarana pertanian
  16. Sarana prasarana pembibitan macam-macam pohon.

Komentar

Loading...