Aceh Selatan Diterjang Banjir dan Longsor

Banjir

Tapaktuan, Acehportal.com - Puluhan gampong yang ada di sejumlah kecamatan di Aceh Selatan diterjang banjir dan tanah longsor, Minggu (17/11/2019) sore kemarin sekitar pukul 18.30 WIB.

Diketahui, banjir terjadi karena hujan dengan intensitas sedang hingga deras mengguyur wilayah Aceh Selatan sejak pukul 15.00 WIB kemarin sehingga banjir luapan merendam puluhan gampong.

Kepala Pelaksana BPBA, Sunawardi mengatakan, di Kecamatan Trumon Tengah, banjir setinggi 20 hingga 50 sentimeter terjadi di Gampong Pulo Paya dan Teungoh.

Lalu di Kecamatan Kota Bahagia, banjir terjadi di Gampong Beutong, Ujong Gunong Cut, Jambo Kepok, Ujong Gunong Rayeuk serta Gampong Ujong Tanoh dan Alur Dua Mas setinggi 10 hingga 50 sentimeter.

"Di Kecamatan Kluet Timur banjir terjadi di Gampong Lawe Sawah, Lawe Cimanok dan Lawe Bulo Idi setinggi 30 hingga 80 sentimeter," ujarnya Senin (18/11/2019).

Banjir juga terjadi di Kecamatan Kluet Tengah yang merendam Gampong Malaka, Koto Indarung, Kampung Sawah, Kampung Padang, Pulo Air, Mersak, Simpang Dua, Jambo Papan dan Simpang Tiga dengan ketinggian air mulai 20 sentimeter hingga satu meter.

"Lalu di Kecamatan Kluet Selatan, banjir merendam Gampong Ujung Pasir dengan ketinggian air sekitar 30 sentimeter hingga 1,3 meter," katanya lagi.

Sementara tanah longsor, terjadi di wilayah Jalan Lintas Nasional yang menghubungkan antara Tapaktuan dan Medan, tepatnya di lokasi Pegunungan Panorama Hatta serta badan jalan yang menuju Gampong Tapak Aulia, Kecamatan Kluet Timur.

"Akibat longsor ini, sejumlah lokasi berdampak seperti irigasi Blang Sikundo Gampong Panton Luas, Kecamatan Samadua, tanggul pembatas sungai dan tebing sungai tergerus air sudah mendekati pemukiman warga Gampong Koto Indarung dan Siurai-Urai, Kecamatan Kluet Tengah," ungkapnya.

Selain itu, juga berdampak pada tebing sungai yang tergerus air sudah mendekati jalan lintas Kecamatan di perbatasan Gampong Simpang Dua dan Simpang Tiga, Kecamatan Kluet Tengah.

Selanjutnya, tanggul pembatas sungai dan Tebing sungai tergerus, air sudah mendekati pemukiman warga sekitar lebih kurang 30 meter di Gampong Pulo Air, Koto Indarung dan Siurai-Urai, Kecamatan Kluet Tengah.

Kemudian, berdampak pada irigasi perairan sawah yang rusak di Gampong Koto Indarung, Kecamatan Kluet Tengah, longsoran di badan jalan Gampong Lawe Cimanok menuju Gampong Tapak Aulia, Kecamatan Kluet Timur," papar Sunawardi.

Kerugian yang terjadi yang telah didata oleh pemerintah setempat berupa lahan jagung seluas 1,5 hektar milik warga di Gampong Malaka, Kecamatan Kluet Tengah.

"Sementara yang lainnya masih dalam pendataan, belum ada yang mengungsi, bencana banjir dan longsor ini masih dalam penanganan lebih lanjut," katanya lagi.

Kondisi terakhir di lokasi, lanjut Kalaksa BPBA, saat ini intensitas hujan di sebagian wilayah mulai menurun. Namun, banjir masih berlangsung di sejumlah kecamatan di Aceh Selatan. Untuk reruntuhan longsor yang terjadi, katanya, telah ditangani oleh pihak setempat.

Di Kecamatan Kota Bahagia, dalam beberapa waktu kedepan kemungkinan sejumlah gampong akan menerima banjir genangan kiriman dari enam gampong yang sudah terendam akibat elevasi muka tanah yang semakin merendah.

Debit banjir pun kini sudah mulai menggenangi pemukiman warga di beberapa gampong di Kecamatan Kluet Selatan, sementara debit air sungai gelombang mulai meningkat meski di sejumlah wilayah banjir mulai surut.

Berikut data korban terdampak banjir dan longsor di Aceh Selatan:

* Kecamatan. Trumon Tengah*

1. Desa Pulo Paya (12 rumah, 12 KK 41 Jiwa)

2. Desa Tengoh dalam pendataan

* Kecamatan Kota Bahagia*

1. Desa Beutong (70 KK 284 Jiwa)*

2. Desa Ujong Gunong Cut (34 KK 123 Jiwa)*

3. Desa Jambo Kepok (51 KK 167 Jiwa)*

4. Desa Ujong Gunong Rayeuk (79 KK 310 Jiwa)*

5. Desa Ujong Tanoh (60 KK 236 Jiwa)*

6. Desa Alur Dua Mas (63 KK 252 Jiwa)*

*Kecamatan Kluet Timur dalam pendataan*

1. Desa Lawe Sawah *(29 KK 121 Jiwa)*

2. Desa Lawe Cimanok * (342 KK 1124 Jiwa)*

3. Lawe Buloh Didi*

* Kecamatan Kluet Tengah*

1. Desa Malaka *(100 KK 250 Jiwa)*

2. Desa Koto Indarung *(413 KK 1316 Jiwa)*

3. Desa Kampung Sawah (6 KK 20 Jiwa)*

4. Desa Kampung Padang (52 KK 167 Jiwa)*

5. Desa Pulo Air (25 KK 95 Jiwa)*

6. Desa Mersak *(35 KK 143 Jiwa)*

7. Desa Simpang dua *(152 KK 598 Jiwa)*

8. Desa Jambur Papan (5 KK 20 Jiwa)*

9. Desa Simpang Tiga (30 KK 70 Jiwa)*

* Kecamatan Kluet Selatan*

1. Desa Ujung Pasir (70 KK 320 Jiwa)*

2. Desa lainnya masih dalam pendataan*

Penulis:Hafiz
Rubrik:Peristiwa

Komentar

Loading...