Kakanwil Kemenag Aceh Berharap Jumlah Ma’had Aly di Aceh Bertambah

IMG_20191117_173212

Banda Aceh, Acehportal.com - Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh berharap, jumlah Ma’had Aly (universitas tertinggi di dayah) yang ada di Aceh dapat bertambah, khususnya di wilayah barat dan selatan Aceh.

Ini dikatakannya saat menyampaikan sambutan pada kegiatan silaturahmi ASN Kemenag dan Alim Ulama Aceh dengan Menteri Agama Republik Indonesi, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi di Asrama Haji Aceh, Banda Aceh, Minggu (17/11/2019).

"Hal ini karena dayah dan santri memiliki peran strategis dalam melawan radikalisme, narkoba dan sebagai benteng pendidikan karakter," ungkap Kakanwil Kemenag Aceh.

Pihaknya juga mengaku sangat bersyukur karena dari 48 Ma’had ‘Aly di Indonesia, lima diantaranya ada di Aceh yaitu Mudi Mesra Samalanga, Darul Munawwarah, Malikussaleh Panton Labu, Babussalam Al Hanafiyyah dan Darul Maarif Cot Trueng.

"Semoga jumlah Ma’had Aly (universitas tertinggi di dayah) yang ada di Aceh dapat bertambah, khususnya di wilayah barat dan selatan Aceh," katanya menyampaikan laporan kepada Menteri Agama RI, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi.

Selain itu, Kantor KUA Kecamatan yang ada di 23 kabupaten/kota di Aceh berjumlah 274 unit dan masih ada 15 KUA Kecamatan Pemekaran yang belum memiliki KUA Kecamatan.

"Sedangkan rumah ibadah yang terdiri dari Masjid berjumlah 4.137 dan Meunasah (Mushalla) 7.396. Untuk Gereja Katolik berjumlah 20, Gereja Umat Kristen berjumlah 189. Sedangkan Madrasah, Aceh memiliki 1.169 Madrasah mulai dari RA, MI, Mts dan MA," jelasnya.

Selain itu untuk diketahui, Kanwil Kemena Aceh memiliki ASN sebanyak 16.198 orang se Aceh yang terdiri dari guru, penghulu, penyuluh dan ASN lainnya.

"Sedangkan untuk Kanwil saja memiliki jumlah ASN 169 orang dan honorer, security, office boy mencapai 64 orang," kata Daud Pakeh lagi.

Sebelumnya, dirinya juga menyampaikan selamat datang kepada Menag RI yang menyempatkan waktunya untuk bersilaturrahmi bersama para ASM Kemenag dan Ulama Aceh.

Selain itu, Daud Pakeh juga mengucapkan selamat karena telah mengemban amanah baru Fachrul Razi menjadi Menteri Agama RI. Pihaknya yakin bahwa Fachrul Razi dapat membawa instansi itu menjadi yang lebih baik.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...