Gempa Berkekuatan 5,1 SR Guncang Sabang

IMG_20191115_022242

Banda Aceh, Acehportal.com - Gempa bumi berkekuatan 5,1 skala rikter mengguncang Pulau Weh, Sabang pada Jumat (15/11/2019) dinihari sekitar pukul 01.30 WIB.

Informasi diperoleh dari pesan singkat yang dikirimkan KominfoBMKG, gempa berlokasi di 139 kilometer Barat Laut kota Sabang dengan kedalaman 175 kilometer (6.81 LU 94.46 BT).

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Mata Ie, Djati Cipto Kuncoro membenarkan adanya gempabumi itu. Dikatakan, gempa ini merupakan aktivitas gempa tektonik biasa.

"Untuk Sabang, benar ada gempa (berkekuatan) lebih dari 5, aktivitas tektonik biasa, hingga saat ini hanya terdekteksi dengan peralatan dan kita (manusia) tidak merasakan getaran itu," katanya

Ia menjelaskan, jika terjadi gempa yang berkekuatan lebih dari 5 skala rikter, peralatan diseminasi BMKG yang tersebar di wilayah Indonesia, termasuk Aceh, akan memberikan informasi kejadian.

"Di Aceh Aceh ada lebih kurang 18 unit (peralatan diseminasi yang terpasang termasuk Sabang, jadi jika gempa peralatan akan mendiseminasikan atau mengirim info kejadian gempa itu," tambahnya.

Penulis: Hafiz
Rubrik: Peristiwa

Komentar

Loading...