Tingkatkan Kemampuan Jurnalistik, Mahasiswa STAIN Dilatih Jurnalistik Dasar

Puluhan mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh saat mengikuti pelatihan jurnalistik dasar, di kampus setempat.

Meulaboh, Acehportal.com- Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh menggelar pelatihan jurnalistik dasar, guna meningkatkan kemampuan mahasiswa dibidang jurnalistik, di aula kampus setempat.

Kegiatan yang diikuti 35 peserta dengan pelaksanaannya selama dua hari itu, mengusung tema “Menjadi Jurnalis di Era Digital”. Melatih mahasiswa untuk lebih melek terhadap perkembangan teknologi yang memang menuntut mereka untuk memiliki skil, terlebih keahlian dibidang menulis dan berbicara.

“Saya yakin dimasa yang akan datang kita dituntut harus multitelen, terlebih untuk seorang yang ingin menjadi jurnalis, “ ujar Masriadi Sambo, Rabu (13/11/2019).

Menurutnya, multitelen yang di maksud ialah, kalau biasanya seorang jurnalis saat turun kelapangan untuk menulis berita, namun kali ini mereka dituntut untuk bisa mengambil video, serta mengambil foto di waktu yang bersamaan.

Selain itu, dirinya juga memberikan praktek penulisan berita yang mudah dan cepat dipahami oleh peserta, selanjutnya masing-masing peserta menuliskan satu contoh berita untuk media online
“Untuk media online kita tidak perlu panjang, yang penting fakta,” terangnya.

Ketua Panitia Kegiatan Jurnalistik Dasar Zulfan Marlian, mengatakan kegiatan workshop ini bertujuan untuk mengasah skil menulis di era digital, terutama untuk menjadi wartawan.

“Dengan adanya jurnalistik dasar ini dapat menjadi bekal ilmu yang bermanfaat di bidang menulis jurnalistik, sehingga bisa manfaatkan dengan baik dan peserta bisa mempraktikkan ilmu jurnalis yang di dapatkan,” ujarnya.

Ketua STAIN Inayatillah sangat mengapresiasi kegiatan ini, apalagi kegiatan workshop ini bisa mengasah skil di bidang menulis. dan hal tersebut menjadi peluang kerja bagi mahasiswa. karna persaingan di era digital sangat banyak tantangannya.

"Untuk menimalisir hal itu kita harus menguasai madia, kepada peserta serius mengikuti kegiatan jurnalistik dasar ini,” pungkasnya. ()

Komentar

Loading...