Warga Suak Raya Temukan Kerangka Manusia Tanpa Identitas

PMI Aceh Barat bersama TNI dan warga saat melakukan evakuasi kerangka manusia, yang ditemukan di kebun desa setempat, Minggu (10/11/2019).

Meulaboh, Acehportal.com- Warga Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat menemukan sesosok kerangka manusia di salah satu kebun milik masyarakat desa setempat itu. Diduga, kerangka tanpa identitas itu merupakan jasad korban tsunami 2004 lalu.

Sosok kerangka tersebut ditemukan oleh seorang warga, Minggu (10/11/2019) usai membersihkan kebunnya. Temuan itu awalnya sempat mengegerkan warga setempat atas peristiwa tersebut, namun kini jasadnya sudah dilakukan evakuasi pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Barat.

Staf Penanggulangan Bencana PMI Aceh Barat, Romi Saputra Jaya, mengakui evakuasi kerangka manusia di Desa Suak Raya dilakukan pihaknya usai menerima laporan dari warga itu terkait adanya temuan kerangka, yang terkubur dan ditemukan pada kebun milik masyarakat itu.

“Jasad tersebut diduga korban tsunami Aceh 26 Desember 2004, jasad yang sudah dievakuasi oleh PMI bersama masyarakat dan prajurit TNI tersebut, kemudian akan dikebumikan di tempat pemakaman umum di Desa ini,” ujarnya.

Untuk memastikan atas temuan ini, lanjutnya, pihaknya belum bisa mengidentifikasi identitas kerangka yang ditemukan oleh warga ini. Sebab kondisinya sudah terbungkus oleh kantung jenazah yang diperkirakan sudah lama terkubur.

Usai diperiksa kerangnya sudah tidak utuh lagi, hanya baju kaos warna merah dan bra terlihat lengkap.
“Saat diperiksa petugas banyak kerangka yang kurang karena sudah rapuh, hanya bagian tengkorak yang masih tampak jelas, untuk ciri khas cuma baju kaos merah dan sebuah bra,” pungkasnya. ()

Komentar

Loading...