Wujud Xpander Versi SUV yang Siap Meluncur Pekan Depan

Siluet Mitsubishi Xpander Versi SUV. Foto: Dok. Mitsubishi

Jakarta - Mitsubishi resmi memastikan mobil yang menggabungkan MPV dan SUV crossover. Kabarnya, MPV crossover ini akan menggunakan basis Mitsubishi Xpander.

Mobil yang diprediksi menjadi Xpander versi SUV ini dipastikan meluncur di Indonesia. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan peluncuran Xpander versi crossover ini digelar di Jakarta pekan depan.

"MITSUBISHI MOTORS CORPORATION (MMC) akan mengungkap New Crossover MPV yang mewujudkan brand Mitsubishi Motors dan memiliki karakter Multi Purpose Vehicle (MPV) serta Sport Utility Vehicles (SUV)," tulis Mitsubishi dalam siaran persnya.

"Informasi lebih lanjut dapat ditemukan mulai 12 November 2019 di Jakarta," sebut Mitsubishi.

Mitsubishi Xpander versi SUV juga sudah dibocorkan tampilan siluetnya. Disebutkan, Xpander versi SUV crossover itu akan menyatukan keunggulan performa berkendara, desain tangguh dan modern layaknya SUV, serta keunggulan unik dari MPV yang lega dan memiliki fitur yang lengkap.

"MMC telah menciptakan model baru yang menggerakkan ambisi penggunanya di seluruh dunia," sebut Mitsubishi.

Mitsubishi telah menyebarkan bocoran gambar siluet Xpander versi SUV ini. Meski tak terlihat begitu jelas, siluet ini menggambarkan kegagahan sebuah mobil SUV.

Kegagahan ala SUV tergambar dalam mobil ini dari bagian ground clearance-nya. Tampak ground clearance Xpander versi SUV ini lebih tinggi.

Ditambah lagi dengan over fender yang membuat tampilan mobil lebih kekar. Di samping, garis desainnya masih terlihat mirip dengan Xpander versi MPV yang sudah ada di pasaran saat ini.

Peleknya juga terlihat lebih besar. Pelek mobil ini sepertinya memiliki desain yang berbeda dibanding Xpander standar.

Karakter kokoh ala SUV juga terpancar dari penggunaan roof rail pada mobil ini.

Bagian depan memang tak terlihat jelas. Namun sepertinya wajah Xpander versi SUV ini tetap mengusung karakter khas Xpander dengan desain Dynamic Shield-nya. Di siluet itu juga tergambar lampu LED, yang kalau di Xpander merupakan lampu DRL.

Bagian belakang juga tak terlihat jelas. Tapi tampaknya lampu belakang mirip seperti Xpander saat ini.

Belum ada informasi mengenai spesifikasi dan harga Xpander versi SUV ini. Namun diprediksi, Xpander versi SUV ini akan tetap mengusung mesin yang sama, yaitu mesin 1.500 cc DOHC 16 katup.

Sebagai mobil yang menggabungkan MPV dan SUV, Xpander versi SUV ini akan menantang mobil yang sudah beredar di pasaran seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios serta Honda BR-V.

Toyota pun menyambut kedatangan calon pesaing Rush tersebut. "Ya bagus dong, makin banyak model baru itu salah satu faktor yang bisa dorong market tumbuh," ujar Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto di Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Crossover MPV menurut Mitsubishi akan menyatukan keunggulan performa berkendara, desain tangguh dan modern layaknya SUV, keunggulan unik dari MPV yang lega dan memiliki fitur yang lengkap. Mobil akan dipamerkan di Jakarta 12 November mendatang. Apakah bakal ada dampaknya pada Toyota Rush yang dalam sebulan terakhir ini bisa terjual 4.000 unit?

"Kalau masalah nanti bisa memberikan dampak kita baru bisa lihat nanti penetrasinya, intinya untuk orang kita harus sesuai kebutuhan. Itulah kenapa di kami ada banyak model yang bahkan dasarnya dari platform sudah berbeda beda. Ya agar bisa berfungsi seperti seharusnya, untuk angkat orang ya MPV, kalau untuk versatility kemanapun ya SUV dan lain lain model. MPV tetap mencerminkan kebutuhan kendaraan masyarakat Indonesia," ujar Suryo.

Selain Rush dan Terios, Crossover MPV dari Mitsubishi ini akan bersaing juga dengan Honda BR-V.

Sumber:detik.com
Rubrik:Otomotif

Komentar

Loading...