Banjir dan Longsor di Aceh Selatan, 2 Pengendara Motor Sempat Terseret Arus

Banda Aceh, Acehportal.com - Banjir dan longsor terjadi di Aceh Selatan sejak Rabu (30/10/2019) malam kemarin. Musibah banjir ini terjadi di Kecamatan Trumon Tengah, Kota Bahagia dan Bakongan, Aceh Selatan.

Di Kecamatan Trumon Tengah, banjir terjadi di Gampong Krueng Batee, Pulo Paya dan Kampung Teungoh. Di Kecamatan Bahagia, banjir terjadi di Gampong Ujong Gunong Rayeuk, Ujong Gunong Cut serta Beutong dan Buket Gadeng.

"Lalu di Kecamatan Bakongan banjir terjadi di Gampong Drien dan Ujong Pandang. Banjir yang terjadi di sejumlah wilayah ini dengan ketinggian air mulai 30 sentimeter hingga satu meter," ujar Kalaksa BPBA, Sunawardi, Jumat (1/11/2019).

Banjir terjadi karena sejumlah wilayah itu dilanda hujan deras selama beberapa hari terakhir. Sungai yang berada di Kecamatan Trumon Tengah juga meluap, sehingga dua orang warga yang mengendarai motor sempat terbawa arus dan beruntung dapat segera diselamatkan.

"Banjir ini juga mengakibatkan material kayu dan batu terbawa ke jalan nasional dan membuat kemacetan sementara yang terjadi di Kecamatan Trumon, namun cepat diatasi oleh tim BPBD dan Muspika hingga jalan lintas kembali normal," katanya.

"Sementara tanah longsor, terjadi di wilayah jalan lintas nasional Tapaktuan-Medan, tepatnya di kawasan Gunung Kapur, Kecamatan Trumon Tengah," kata Sunawardi lagi.

Diketahui, banjir yang terjadi di tiga kecamatan tersebut merendam puluhan hingga ratusan rumah warga yang terdiri dari ratusan KK (ratusan jiwa). Hingga kini, pihak setempat masih melakukan pendataan lebih lanjut. Sementara untuk material longsor yang terjadi kini sudah dibersihkan.

Selain di Aceh Selatan, banjir luapan juga terjadi di wilayah Subulussalam tepatnya di kawasan Kecamatan Sultan Daulat. Banjir ini terjadi sejak Kamis (31/10/2019) kemarin. Banjir merendam puluhan rumah warga di tiga lokasi yakni Gampong Jabi-jabi, Suka Maju dan Sigrun.

"Sungai Lae Soraya meluap karena hujan deras, ketinggian air mencapai 20 hingga 30 sentimeter, dampaknya kepada 45 KK di ketiga gampong tersebut," ungkapnya.

Pihak setempat pun hingga kini masih melakukan penanganan lebih lanjut terhadap banjir luapan yang terjadi dan termasuk banjir kiriman dari kabupaten Aceh Tenggara dan Dairi ini.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Peristiwa

Komentar

Loading...