Mari Berwisata Sambil Belajar Tanaman di Koramil Model 04/Meureubo

Aceh Barat, Danramil 04/Meureubo Kapten Inf Mazwar AR tengah mensosialisasikan sekaligus menjelaskan bagaimana cara menanam dan merawat bunga Celosia kepada Mahasiswi Universitas Teuku Umar Fakultas Pertanian di kebun Makoramil Desa Paya Peunaga, Kamis (31/10/19).

Anda ingin berwisata sembari menimba ilmu pengetahuan seputar tanaman palawija dan tanaman hias, Koramil Meureubo tempatnya. Disini banyak terdapat paket wisata tanaman yang menarik. Bagi pengunjung bisa belajar langsung dengan ahlinya (Babinsa) bagaimana cara menanam cabe merah, ubi kayu, ubi rambat, kacang panjang, kangkung dan bunga celosia tentunya yang memiliki penampilan menarik dapat memikat dan memanjakan mata pengunjung sehingga terhipnotis kepincut dengan keindahan warna warni nya.

"Kami sengaja menghadirkan konsep kebun wisata yang menggabungkan tanaman muda dan tanaman hias bunga celosia dengan tujuan edukasi pertanian dan keindahan", ujar Kapten Mazwar.

Lebih lanjut Danramil menjelaskan "Celosia atau Jengger Ayam selain kesohor dengan keindahan warnanya yang mencolok, juga tergolong tanaman Refugia yang memiliki nilai estetika dan efektif dalam mengendalikan hama tanaman", jelasnya

Hamparan bungan celosia nan rupawan itu digandrungi anak anak hingga dewasa terutama remaja milenial untuk berselfi ria tanpa harus merogoh goceknya.

"Tempat ini terbuka untuk umum dan bisa mengabadikan keindahan Celosia tanpa harus membayar, cukup lapor kepiket agar diberi bimbingan dan pendampingan demi keamanan dan kenyamanan", kata Danramil.

Lebih gamblang Danramil menjelaskan kepada para mahasiswi bagaimana cara menanam dan merawat bunga Celosia tersebut.

"Semailah biji Celosia ketanah yang gembur, setelah tumbuh ±3 centimeter pindahkan ke polybag hingga mencapai ketinggian ±25 centimeter kemudian tanam ketanah atau kelahan yang telah disiapkan. Lakukan penyiraman secara rutin minimal satu hari sekali bisa pagi hari maupun sore hari. Cara penyiraman tidak perlu air hingga menggenang kepermukaan tanah cukup meresap kedasar tanah saja untuk menghindari dan mencegah agar akar tanaman tidak mengalami proses pembusukan. Untuk menunjang pertumbuhan tanaman, berilah pupuk organik maupun kimia dengan dosis yang sesuai", ungkapnya.

Bunga Celosia sangat senang dengan lingkungan tanah yang memiliki drainase yang baik dan sinar matahari cukup. Jika sudah berbunga, potonglah bagian daun dan bunga yang layu agar tidak mengganggu bagian tumbuhan yang lain.

Salah seorang mahasiswi mengaku sangat terkesan dengan lingkungan Koramil yang menurutnya asri dan udaranya segar karena banyaknya tanaman.

"Banyak pengalaman yang bisa didapat saat mengunjungi Koramil Meureubo, selain tanamannya yang indah juga bisa menambah wawasan tentang pertanian. Kami juga terkesan dengan keramahan anggotanya yang sopan dan murah senyum", ujar Sintya mahasiswi yang mengenakan hijab tersebut.

Komentar

Loading...