Tanamkan Cinta Tanah Air, Kodim 0116/Nara Berikan Wasbang pada Mahasiswa STIAPEN Nagan Raya

Dalam upaya menanamkan semangat patriotisme dan cinta tanah air, Kodim 0116/Nagan Raya, memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pelita Nusantara (STIAPEN) Nagan Raya, Desa Cot Kuta, Kecamatan Suka Makmue, Nagan Raya, Rabu (30/10/19).

Hal tersebut disampaikan Dandim 0116/Nagan Raya, Letkol Inf Guruh Tjahyono, S.I.P., M.I, Pol. Dandim juga mengungkapkan, adapun tujuan dari kegiatan pembekalan Wasbang ini, untuk menguatkan tekad dan semangat para mahasiswa makin cinta tanah air, negara dan bangsa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita mengajak para mahasiswa agar memiliki rasa kebangsaan, memahami tentang kebangsaan dan memiliki semangat kebangsaan,” jelasnya.

Lanjut Guruh Tjahyono, para generasi muda bangsa ini harus memiliki kewajiban untuk menjaga kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI serta menjaga keselamatan bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

“Menjaga keutuhan dan kedaulatan negara, bukan hanya TNI, tetapi seluruh warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara,” urainya.

“Pembekalan ini merupakan salah satu bekal untuk mereka ke depan nanti, dan diharapkan dapat berguna untuk seluruh lapisan masyarakat bahwa betapa pentingnya akan wawasan kebangsaan ini,” tandasnya.

Sementara itu pemberi materi, Pasiter Kodim, Kapten Arm Ainu Rokhman, menyampaikan bahwa situasi saat ini sangat kompleks, baik dari sisi ideologi, sosial, ekonomi, dan budaya.

“Wawasan kebangsaan kita berikan melihat perkembangan permasalahan yang terjadi saat ini yang membutuhkan perhatian serius dari semua unsur masyarakat, termasuk mahasiswa,” tuturnya.

Dirinya berharap, melalui kegiatan ini para mahasiswa akan menyadari betapa pentingnya peran mereka dalam mengisi pembangunan.

“Dengan ilmu yang mereka miliki ditambah semangat nasionalisme yang tinggi, akan menjadikan mereka menjadi calon pemimpin bangsa yang tangguh di masa depan,” pungkasnya.

Komentar

Loading...