Personel Lanud SIM Ikuti Penyuluhan dan Pemeriksaan HIV-AIDS

IMG-20191029-WA0012

Banda Aceh, Acehportal.com - Seluruh personel Lanud Sultan Iskandar Muda mengikuti penyuluhan dan pemeriksaan HIV-AIDS yang dilaksanakan di Crew Room Lanud SIM, Blang Bintang, Aceh besar, Senin (29/10/2019) kemarin.

Penyuluhan dan pemeriksaan HIV-AIDS dilaksanakan oleh tim Kesehatan Lanud SIM yang bekerja sama dengan Puskesmas Blang Bintang.

Kepala Kesehatan Lanud SIM, Letda Kes dr. Natanael Nababan menjelaskan dalam penyuluhanya, tes HIV-AIDS dilakukan untuk memastikan apakah seseorang yang bersangkutan telah dinyatakan terpapar HIV atau tidak.

"Tes HIV berfungsi untuk mengetahui adanya  antibodi terhadap HIV atau mengetes adanya antigen HIV dalam darah,” ujarnya Selasa (29/10/2019).

Penyuluhan dan pemeriksaan HIV-AIDS kali ini, meliputi penjelasan tentang apakah itu HIV, bagaimana perkembangan HIV menjadi AIDS, cara-cara penularan dan  bagaimana pencegahan HIV-AIDS.

“Manfaat dari test HIV untuk mengetahui lebih awal apakah terinfeksi HIV atau tidak. Kemudian mengetahui lebih dini seseorang dengan HIV untuk menekan perkembangan HIV ke fase AIDS dan bertahan lebih lama,” jelasnya.

Setiap ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) masih mempunyai hak hidup dan sosial yang sama dengan orang yang sehat. ODHA, lanjut Natanael, tidak boleh mendapat stigma (pandangan buruk) atau diskiriminasi dari masyarakat.

Sementara, Danlanud SIM, Kolonel Pnb Hendro Arief H mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan pengertian dan pemahaman kepada seluruh anggota Lanud SIM agar lebih mengerti dan memahami bagaimana penularan dan bahayannya Virus HIV-AIDS.

“Saya berharap dengan adanya penyuluhan ini, kita lebih mengetahui dan memahami bahaya dan penularan virus HIV-AIDS, cegah sedini mungkin di mulai dari diri kita men-contoh perilaku hidup sehat dan implementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari," ungkapnya.

Penyuluhan dan pemeriksaan ini juga dihadiri langsung oleh Danlanud, para Kepala Dinas, para perwira dan seluruh anggota Lanud SIM.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...