Hendri Yono: Penanaman Padi Serentak Dapat Meningkatkan Produksi Hasil Pertanian

Hendri Yono pada kegiatan tanam padi serentak Aceh Selatan dilakukan oleh bersama Forkopimda yang bertempat di Desa Trieng Meuduro Tunong Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Kamis (24/10/2019).

ACEH SELATAN, ACEHPORTAL.COM – Anggota DPRA Dapil 9 Hendri Yono menyatakan banyak manfaatnya yang akan dirasakan petani ketika melakukan penanaman padi serentak karena dapat meningkatkan hasil produksi pertanian.

"Pada musim tanam padi, petani diharapkan menanam secara serentak guna meningkatkan produksi padi, karena penanaman padi serentak ini akan mengurangi serangan hama seperti wareng, burung, juga mencegah secara dini serangan hama, utamanya tikus.” Terang Hendri Yono pada kegiatan tanam padi serentak Aceh Selatan dilakukan oleh bersama Forkopimda yang bertempat di Desa Trieng Meuduro Tunong Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Kamis (24/10/2019).

Dia menyebutkan berbagai keuntungan yang akan dirsasakan petani ketika penanaman padi serentak, diantaranya dapat memutus rantai hama penyakit tanaman, Mudah dalam pengaturan irigasi, Mudah dalam pendistribusian sarana produksi, Efisien dalam penggunaan alat mesin pertanian (alsintan), Memudahkan pemanenan, Kerjasama dengan pihak luar lebih terjadwal.

Salah satu manfaat tanaman serempak adalah memutus rantai hidup serta makanan bagi hama penyakit tanaman. Umumnya apabila hama penyakit menyerang pertanaman, dia akan menularkan ke pertanaman lainnya karena masih tersedia inang di sekitar. Tetapi jika semua tanaman padi ditanam serempak dan dipanen bersamaan, maka tidak ada lagi inang dan makanan bagi hama penyakit untuk bertahan hidup karena setelah itu umumnya lahan akan diberakan (dibiarkan sementara waktu).

Hendri Yono, S.Sos selaku putra sawang siap membantu para petani Aceh Selatan untuk meningkatkan produktivitas padi menjadi lebih baik, “kita upayakan petani Aceh Selatan dapat menanam padi lebih optimal agar mendapatkan hasil produktivitas yang lebih baik.” Ujarnya lagi.

Kegiatan yang berlangsung Kamis, 24 Oktober 2019  tersebut turut dihadiri oleh Camat Kecamatan Sawang Masriadi, S, STP., M.Si beserta tokoh masyarakat kecamatan Sawang, kechiek se Kecamatan Sawang, Kejrun Blang, penyuluh pertanian serta masyarakat Kecamatan Sawang.

Pada kegiatan tanam padi serentak tersebut, Wakil Bupati Aceh Selatan bersama Kadis Pertanian Aceh Selatan Yulizar, S.P, Forkopimda Aceh Selatan dan Anggota DPRA turun bersama ke sawah dalam rangka melakukan tanam Padi Serentak sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam membina petani Aceh Selatan dan dapat meningkatkan produktivitas padi lebih banyak.

Komentar

Loading...