DPRK Aceh Barat Sidak RSU-CND, Banyak Temuan Alat Medis Canggih Tak Difungsikan

IMG-20191025-WA0040

Meulaboh, Acehportal.com- Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat melakukan sidak ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien (CND) Meulaboh Kamis (24/10/2019).

Sidak tersebut dilakukan pihak Dewan setelah mendengarkan kabar mengenai alat-alat canggih yang dimiliki RSU-CND sesuai yang diberitakan pada salah satu media online.

Wakil Ketua I DPRK Ramli SE usai melakukan sidak mengatakan, beberapa peralatan canggih seperti alat operasi mata, alat jantung, pemecahan batu ginjal merupakan peralatan medis pengadaan tahun 2018, tetapi sampai sekarang ini belum juga difungsikan pihak rumah sakit.

"Benar alat-alat canggih itu ada tapi sayang semua peralatan itu tidak difungsikan, untuk apa semua alat itu kalau tidak difungsikan padahal ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat," ujar Ramli SE.

Dirincikanya harga semua peralatan dimaksud tersebut mencapai puluhan miliar, sehingga sangat disayangkan jika alat-alat bernilai miliaran itu tidak dipergunakan.

Selain itu, peralatan medis pengadaan tahun 2011 ditemukan dalam kondisi digudangkan di RS setempat, diperkirakan alat tersebut harganya mencapai 11 miliar, namun sayangnya dua unit alat cuci darah tersebut tidak berfungsi lagi akibat alami kerusakan setelah pemakaian selama beberapa tahun saja.

"Ini yang menjadi pertanyaan kita mungkin ini ada indikasi jangan-jangan cassing yang bermerek tahu-tahu di dalamnya sudah lain," tegasnya.

Mengenai kualitas pelayanan rumah sakit, baik melalui laporan masyarakat atau secara langsung sudah sangat memprihatinkan layanan terhadap pasien, wajar bila rumah sakit tersebut turun kelas B ke C, pihak dewan berharap kepada manajemen RSU segera memikirkan solusinya.

"Sering kami terima laporan, pasien masuk UGD seperti tidak mendapat pelayanan cepat, saat ditanya keluarga pasien para medis saling lempar persoalan, seharusnya hal seperti itu tak perlu terjadi lagi," ungkap Ramli SE

Dirinya berharap, untuk kedepannya ada kerjasama antara rumah sakit dengan DPRK Aceh Barat untuk membahas hal- hal atau persoalan yang berkaitan dengan RSUD Cut Nyak Dhien," harapnya.

Tim Pansus yang mensidak rumah sakit RSU-CND tersebut, terdiri dari Ketua I DPRK Ramli SE, Wakil Ketua II Khamaruddin serta didampingi anggota, Said Risqi Saifan dan Medradia Yugistira.

Penulis:Dan
Rubrik:DaerahKesehatan

Komentar

Loading...