Anggota DPRA Hendriyono: Lulusan Politeknik Aceh Selatan Harus Berjiwa Entrepreneur

Hendriyono saat menghadiri  undangan wisuda Mahasiswa/i Politeknik Aceh Selatan di Gedung Rumoh Agam Tapaktuan Kamis, (24/10/2019).

ACEH SELATAN, ACEHPORTAL.COM - Anggota DPRA Dapil 9 Hendriyono mengharapkan kepada lulusan Politeknik Aceh Selatan harus bisa memiliki jiwa Entrepreneur (wirausaha).

Hal tersebut disampaikan Hendriyono saat menghadiri  undangan wisuda Mahasiswa/i Politeknik Aceh Selatan di Gedung Rumoh Agam Tapaktuan Kamis, (24/10/2019).

"Bagi lulusan politeknik dengan ilmu yang dimiliki hendaknya dapat diterapkan di tengah-tengah masyarakat karena banyak sumber daya alam yang belum diolah yang dapat dijadikan barang berharga dan bernilai ekonomi tinggi." terang putra kelahiran Aceh Selatan ini.

Dia berharap kepada lulusan Poltas untuk dapat mengembangkan skill yang dimiliki agar bisa dikembangkan dalam bentuk enterpreuner dan berwirausaha sehingga mampu menciptakan produktivitas yang bernilai dan mampu membuka lapangan kerja baru, peran pemerintah daerah juga penting dalam hal ini dinas terkait untuk membantu para wirausahawan nantinya.

Wirausaha berarti orang yang melakukan kegiatan usaha untuk mengembangkan sistem ekonomi dengan menciptakan sesuatu yang baru, memunculkan inovasi-inovasi dan kreativitas yang dimiliki. Menumbuhkan minat dan tanggung jawab yang kuat dalam melandasi terbentuknya kegiatan usaha untuk mencapai keberhasilan dan menghasilkan keuntungan yang besar.

Hendriyono menyebutkan, seseorang dapat dikatakan sebagai wirausaha yang berhasil jika ia mampu berinovatif, memiliki kreatifitas yang tinggi, serta berkemauan keras dalam menjalankan usahanya sehingga mampu menggerakkan konsumen.

"Sebenarnya peluang berwirausaha sangatlah luas bagi mereka yang mengetahuinya. Mengingat kondisi di Indonesia yang begitu besar angka pengangguran yang sangat memprihatinkan, dan besar kemungkinan peristiwa ini disebabkan kurangnya pengalaman dan minimnya pendidikan yang mereka dapatkan, maka bagi lulusan Politeknik Aceh Selatan harus pandai pandai melihat peluang usaha agar tidak bergantung dengan menjadi PNS maupun menunggu lowongan kerja." tambah Hendriyono lagi yang juga Ketua DPD PKPI Aceh ini.

Acara wisuda tersebut juga dihadiri oleh beberapa kalangan pemerintahan dan akademisi, dari kalangan pemerintahan dihadiri oleh Tgk Amran selaku Wakil Bupati Aceh Selatan, Anggota DPRK, Kapolres, Dandim, Sekda Kota Subulussalam dan mantan Bupati Aceh Selatan Husen Yusuf. Sementara itu dari unsur Akademisi juga turut dihadiri oleh Rektor Universitas Teuku Umar Meulaboh Prof. Jasman Makruf.

Tahun ini Politeknik Aceh Selatan mewisudakan 125 org Mahasiswa/i. Di usia Poltas yang hampir sembilan tahun dan sudah diwisuda ke lima kalinya.

Peran politeknik Aceh Selatan dalam pembangunan sumber daya manusia terus di tingkatkan. "kita berharap direktur segera menyiapkan persyaratan untuk percepatan penegerian Poltas kebanggaan masyarakat Aceh Selatan yang merupakan milik Pemda ini, kami sangat mendukung secepat nya bisa terwujud." cetusnya.

Selama ini LPSDM telah menganggarkan dana beasiswa untuk mahasiswa/i yang kurang mampu, Hendriyono mengharapkan kepada Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT untuk melanjutkan kembali memberikan beasiswa bagi mahasiswa/i yg kurang mampu yg kuliah di poltas melalui dana dari BPSDM Aceh.

Penulis:Rol/redaksi
Rubrik:DPRA

Komentar

Loading...