Bank Indonesia dan Kodam IM Selenggarakan Leadership Camp GenBI 2019

1570877323886_IMG_20191012_100528

Banda Aceh, Acehportal.com - Bank Indonesia yang bekerja sama dengan Kodam Iskandar Muda menyelenggarakan kegiatan Leadership Camp bagi penerima Beasiswa Bank Indonesia (Generasi Baru Indonesia/GenBI) pada 11 hingga 13 Oktober 2019 di Rindam Iskandar Muda, Mata Ie, Aceh Besar.

Diketahui, kegiatan ini diikuti oleh 250 peserta yang merupakan para mahasiswa penerima Beasiswa Bank Indonesia tahun 2019.

Kegiatan seremonial pembukaaan yang dilakukan Sabtu (12/10/2019) ini dihadiri langsung Kepala Bank Indonesia Aceh, Z Arifin Lubis, Kepala Bank Indonesia Lhokseumawe, Yufrizal, Wadanrindam Iskandar Muda, Kol Inf Suhartono.

Selain itu, juga hadir para rektor dan wakil rektor yang berasal dari sejumlah universitas seperti Unsyiah, UTU, UIN Ar-Raniry, IAIN, Unimal dan lainnya.

Arifin Lubis mengatakan, sebagai wujud kepedulian Bank Indonesia untuk berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, secara rutin pihaknya melalui kantor perwakilan di seluruh Indonesia menyalurkan beasiswa kepada ribuan mahasiswa berprestasi.

"Bank Indonesia menyadari, bangsa Indonesia memiliki potensi sumber daya manusia yang luar biasa, khususnya di kalangan mahasiswa yang perlu dikelola dengan baik agar tercipta generasi muda Indonesia yang berdaya saing unggul dan mampu memberikan dampak positif bagi lingkungannya," katanya.

Di Aceh, Bank Indonesia memberikan beasiswa kepada mahasiswa terpilih dari Universitas Syiah Kuala, UIN Ar-Raniry, Universitas Teuku Umar, Universitas Malikussaleh dan IAIN Lhokseumawe.

Selain itu, Bank Indonesia juga membentuk komunitas penerima beasiswa (GenBI) serta memberikan pembekalan untuk meningkatkan kompetensi individu dan mengembangkan karakter/kepribadian yang salah satunya adalah melalui kegiatan Leadership Camp.

"Pada tahun ini, Leadership Camp meliputi pembekalan leadership dan spiritual, kewirausahaan dan bela negara serta kegiatan outbond. Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan anggota GenBI dapat memperoleh motivasi dan inspirasi untuk menjadi calon pemimpin masa depan yang berkarakter dan mencintai tanah airnya serta menjadi wirausahawan yang tangguh dan inovatif sehingga mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat dan perekonomian," jelasnya.

Secara umum, sejumlah pimpinan perguruan tinggi pun menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Bank Indonesia atas kerja sama yang terjalin dengan baik selama ini seperti penyaluran beasiswa Bank Indonesia, penyediaan fasilitas BI Corner (pojok baca BI), penelitian dan pertukaran informasi serta pemberian bantuan teknis kepada UMKM dalam rangka pengembangan ekonomi daerah.

Mewakili Pangdam Iskandar Muda, Wadanrindam IM, Kolonel Inf Suhartono pun menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia atas penyelenggaraan Leadership Camp GenBI yang dinilai sangat positif dalam menciptakan generasi muda penerus bangsa yang unggul dan berkarakter, sehingga dapat berkontribusi positif demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan bemartabat.

"Diharapkan para mahasiswa penerima Beasiswa Bank Indonesia dapat mengikuti kegiatan Leadership Camp dengan sungguh-sungguh agar manfaat yang diperoleh dapat maksimal," ungkapnya.

Acara seremoni ini pun dilanjutkan dengan beberapa kegiatan pembekalan bagi penerima Beasiswa Bank Indonesia Tahun 2019 seperti pembekalan mengenai leadership dan spiritual dengan tema “Mempersiapkan Generasi Milenial untuk Menjadi Pemimpin yang Berkarakter Unggul” oleh inspirator nasional, Ir. Jamil Azzaini, MM (CEO Kubik Leadership).

Lalu, pembekalan mengenai kewirausahaan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa GenBI agar dapat berkontribusi positif terhadap perekonomian, terutama dalam membuka lapangan pekerjaan oleh Almer Havis (Direktur PT. Yakin Pasifik Tuna Aceh).

San terakhir adalah pembekalan mengenai bela negara untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme mahasiswa GenBI oleh Pejabat RIndam Iskandar Muda disertai dengan kegiatan outbound untuk melatih kedisiplinan, komunikasi dan kerja sama.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...