Tinjau Lokasi Jembatan Gantung yang Putus, Dandim 0107 Kerahkan Seluruh Babinsa

Aceh Selatan - Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letkol Inf R Sulistiya Herlambang HB meninjau lokasi putusnya jembatan gantung yang menghubungkan antara Desa Subarang dan Desa Madat di Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan. Kamis (10/10/2019).

Dalam peninjauan tersebut, Letkol Inf R Sulistiya Herlambang HB didampingi Pasi Intel Kapten Arm Tajuddin, Staf Ahli Ekonomi Percepatan Bidang Pembangunan, Kabag Pembangunan, Perwakilan dari PU PPK 2.6 provinsi, Muspika Kec Samadua beserta masyarakat.

Keuchik Gampong Madat Fitriadi  mengatakan, insiden tersebut terjadi sekitar pukul 08:10 Wib pagi tadi, tali besi penahan jembatan gantung putus sehingga ambruknya jembatan yang menghubungkan dua desa yaitu Desa Madat dan Subarang.

“Pasalnya, Jembatan yang sudah berumur 35 tahun itu yang di bangun pada tahun 1988 tali besi penahan jabatan sudah berkarat. Akibatnya, 5 orang yang sedang melintasi jembatan tersebut terpaksa di larikan Ke RSUD Yuliddin Away Tapaktuan dari 5 korban 2 diantaranya anak-anak,” kata Fitriadi.

Kalau tidak diatasi dengan cepat, kita kuatir jembatan gantung yang ambruk ke dalam aliran sungai ini dapat mengakibat banjir apalagi sekarang musim hujan. Sebab, jembatan yang ambruk itu menghambat aliran sungai.

“Untuk itu, kita mengharapkan kepada Pemerintah Daerah dapat memberikan bantuan bangunan jemabatan permanen. Karna jembatan itu adalah akses jalan yang menghubungkan Dua Desa di Kemukiman Panton Luas,” ungkapnya.

Sementara Dandim 0107/Aceh Selatan pada kesempatan yang sama menyatakan bahwa pihaknya bersama Pemkab Aceh Selatan, melakukan respon cepat tanggap darurat bencana, dengan mengerahkan seluruh Babinsa untuk terjun bersama masyarakat melakukan penanganan kejadian jembatan putus.

“Kami terjun langsung dan saya sudah menginstruksikan seluruh Babinsa untuk melakukan respon cepat tanggap darurat bencana apapun yang terjadi di Desa binaan Babinsa di Kabupaten Aceh Selatan, serta untuk Kodim 0107/Asel sendiri telah menyiapkan personil dalam membantu Pemkab untuk mempercepat pembangunan seperti ini,” tutup Dandim.

Komentar

Loading...