32 Siswa Aceh Ikut Pentas PAI Nasional IX 2019 di Makassar

IMG-20191009-WA0013

Banda Aceh, Acehportal.com - Sebanyak 32 siswa-siswi SD, SMP, SMA dan SMK asal provinsi Aceh akan mengikuti perhelatan Nasional Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) IX di Kota Makassar Sulawesi Selatan yang berlangsung selama enam hari, mulai dari tanggal 9 s.d 14 Oktober 2019.

Keberangkatan Kontingen Aceh ke  yang terdiri dari peserta, pelatih dan  Panitia tersebut di lepas oleh Kakanwil Kemenag Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh yang diwakili Kabag Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, H. Saifuddin, S.E., di Aula Hotel Grand Permata Hati, Banda Aceh, Selasa 8 Oktober 2019.

Pelepasan ditandai dengan penyerahan Bendera Pataka dari Kabag TU kepada Kabid PAI, H Muntasyir SAg MA selaku Ketua Kontingen Aceh disaksikan Kabid Penaiszawa, perwakilan Biro Isra Setda Aceh dan Majelis Pendidikan Aceh.

Dalam sambutannya Saifuddin menyampaikan bahwa mempertahankan prestasi itu lebih sulit daripada meraihnya.

"Seperti yang kita ketahui bersama, pada Pentas PAI Nasional ke 8 tahun 2017 lalu, Provinsi Aceh berhasil meraih juara umum , karena itu dengan segala daya upaya agar prestasi juara umum tersebut untuk dapat dipertahankan tahun ini, meskipun mempertahankan itu lebih sulit dari meraihnya," ujar Saifuddin.

Dikatakan Saifuddin, kita usahakan juara umum dapat kembali diraih kontingen Aceh, "Makanya hal ini penting, perlu diingat juga ketika kita masuki arena di Makassar nantinya, tentunya akan beda jauh dengan disini, anak anak akan bersaing dengan ratusan peserta dari seluruh Indonesia," sebutnya.

Ia mengumpamakan ibarat berenang di kolam yang lain, pasti akan ada perbedaan. Tapi yakinlah kita tetap bisa berenang dimana saja.

Lanjutnya, kondisi disana tentu berbeda dengan di Aceh, oleh karena itu kepada pembimbing kami juga berharap supaya jangan mempresure peserta ketika berlangsungnya lomba.

"Biarkan mereka fresh, semoga semua tantangan dan ujian dapat dihadapi dengan mulus dan dapat membawa terbaik, menjadikan Aceh kembali sebagai juara umum," ungkapnya.

Saifuddin juga mengajak semua peserta untuk menjaga marwah dan nama baik Aceh,  karena kesana bukan membawa kepentingan pribadi, jaga norma dan beri contoh dengan sikap sopan santun yang bagus. Jangan lupa misi kita, mengemban nama Aceh dan semangat berjuang untuk tetap menjadi Juara Umum.

"Selamat berjuang kepada anak anak kami yang terpilih menjadi duta Aceh pada Pentas PAI Nasional ini, teruslah belajar dan berdoa, kalian memiliki kesempatan untuk mengharumkan nama Aceh di kancah nasional, Tampillah dengan performa terbaik, jangan jadi beban, kita berharap tidak ada yang pulang dengan tangan kosong, semoga berhasil mempertahankan juara umum," pesan Saifuddin.

Rombongan yang terdiri dari peserta, pendamping dan official tersebut berangkat hari ini, Rabu (9/10) pagi ke Makassar via Bandara Internasional SIM Blang Bintang Aceh Besar.

"Menurut jadwal, Pentas PAI Nasional IX 2019  akan dibuka oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin di Asrama Haji Makassar, Sulawesi Selatan, besok pagi, Kamis (10/10)," ujar Muntasyir yang memimpin kontingen Aceh.

Berikut Nama-nama Peserta PENTAS PAI IX Tingkat Nasional Tahun 2019 Kontingen Provinsi Aceh:

*Cabang Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)

1. Khairul Umam, SD Islam Laboratorium, Aceh Besar

2. Haura Faradisa, SDN Lubuk Batil, Aceh Tamiang

3. Ahmad Khalis, SMP IT Madratul Qur’an, Aceh Besar

4. Luthfia Wahyu Marnisa, SMP IT Madratul Qur’an, Aceh Besar

5. Afdhalul Jihad, SMAN 1 Gunung Meriah, Aceh SIngkil

6. Zahriatul Afrah, SMKN 2 Lhokseumawe, Lhokseumawe.

*Cabang Lomba Pidato PAI (LP-PAI)

1. Muhammad Ziyad Hibatullah, SD IT Nurul Islah, Banda Aceh

2. Najwa Athifa Mahdi, SDN 9 Tapaktuan, Aceh Selatan

3. Rifzan Fikra, SMPN 1 Makmur, Bireun

4. Duratul Yumna Zurrati, SMP Negeri 3 Langsa, Langsa

Penulis:Dedi
Rubrik:Pendidikan

Komentar

Loading...