Kodim 0116/Nagan Raya Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Kodim 0116/Nagan Raya melaksanakan upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila, di halaman Makodim, pada Selasa (1/10/2019).

Upacara tersebut dipimpin oleh Letkol Inf Guruh Tjahyono, S.I.P,MI,Pol Dandim 0116/Nagan Raya diikuti oleh seluruh anggota Kodim termasuk jajaran Koramil.

Upacara tersebut menurut Dandim Nagan Raya diselenggarakan tiap tanggal 1 Oktober tepat pada hari Kesaktian Pancasila, guna  mengenang, menghormati para pahlawan revolusi yang sudah lebih dulu berjuang untuk kemerdekaan negara kita.

Selain itu juga untuk membentuk rasa cinta tanah air dan patriotisme prajurit serta membentuk jiwa juang prajurit serta penghormatan terhadap bangsa Indonesia.

Dandim juga menekanan kepada peserta upacara untuk meningkatkan jiwa juang prajurit dan mengenang jasa para pahlawan bangsa yang telah berjuang mempertahankan Ideologi Pancasila.

"Kita tetap harus melanjutkan perjuangannya yang sudah dilakukan oleh para penjuang yang mempertahankan pancasila sebagai dasar negara," jelasnya.

Selain itu Dandim mengatakan, digelarnya upacara ini sebagai momentum untuk memperingati dan mengenang kembali peristiwa kelam yang terjadi 55 tahun silam."Kepada seluruh elemen, masyarakat dan seluruh rakyat Indonesia, kejadian ini dikenang supaya tidak terjadi lagi saat ini dan yang akan datang," tuturnya.

Dalam kesempatan ini, ia mengingatkan tentang pentingnya mewaspadai adanya bahaya laten komunis.Menurutnya, komunis merupakan paham yang tidak sesuai dengan falsafah dan ciri khas bangsa Indonesia.

"Dengan memperingati hari Kesaktian Pancasila ini, kita harus berpegang teguh dan berpedoman kepada idelogi Pancasila," ungkapnya.

Komentar

Loading...