Kemenag Aceh Gelar Rapat Evaluasi Program Pondok Pesantren di Sabang

IMG-20191001-WA0004

Banda Aceh, Acehportal.com - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Aceh akan melaksanakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Program Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren), hari ini Selasa (1/10), di Sabang.

Rapat tersebut dilaksanakan oleh Bidang PD Pontren Kanwil Kemenag Aceh sampai Jumat (4/10) di Mata Ie Resort, Anoi Itam, Kota Sabang dan direncanakan akan dibuka oleh Walikota Sabang, Nazaruddin, nanti malam.

Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Drs H M Daud Pakeh yang diwakili Kabag TU, H. Saifuddin, SE mengatakan bahwa rakor dilaksanakan untuk mengidentifikasi masalah-masalah dan solusi dalam pengambilan kebijakan terhadap pembangunan pendidikan Islam, terutama terkait pendidikan diniyah dan pondok pesantren di Aceh.

Oleh karenanya, rakor tersebut akan diikuti para Kepala Seksi PD Pontren atau Pendidikan Keagamaan Islam atau Pendidikan Islam pada Kantor Kemenag kabupaten dan kota se-Aceh.

Selain itu, menurut Saifuddin, agar program pemerintah daerah dan Kemenag tersinergi, rakor tersebut juga akan diikuti Kepala Bidang (Kabid) Olahraga pada Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Aceh dan para Kabid yang menangani dayah pada Dinas Pendidikan Dayah atau Dinas Syariat Islam di kabupaten dan kota se-Aceh serta para mudir Ma'had Aly dalam Provinsi Aceh.

"Selain meningkatkan koordinasi lintas sektoral, rakor ini juga untuk menyelaraskan program dan kebijakan terkait pondok pesantren ke depan," jelas Saifuddin.

"Totalnya, limapuluh peserta. Dari seluruh Aceh," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, H Mukhlis Hasan S Ag menjelaskan bahwa rakor dan evaluasi ini akan menghadirkan narasumber dari Jakarta, di antaranya Direktur PD Pontren pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kemenag RI, Kabag Perencanaan Sekretariat Ditjen Pendis, Kakanwil Kemenag Aceh, Kadis Pendidikan Dayah Aceh, Kabid PD Pontren dan Kasi Sistem Informasi PD Pontren Kanwil Kemenag Aceh.

"Alhamdulillah hampir seluruh peserta kegiatan rapat evaluasi sudah tiba di Sabang, namun ada juga yang berangkat kapal sore dan Banda Aceh," ujar Ketua Panitia kegiatan, Mukhlis Hasan.

Selain akan dibuka oleh Walikota Sabang, pembukaan rakor tersebut juga akan dihadiri Forkopimda dan SKP Kota Sabang, Plt Gubernur Aceh yang diwakili oleh Kadisdik Dayah Aceh, Kabid PD Pontren Kanwil Kemenag Aceh, Para Kabid di lingkungan Kanwil Kemenag Aceh, dan para Kasubbag di lingkungan Kanwil Kemenag Aceh. kegiatan tersebut juga akan ditutup oleh orang Kakanwil Kemenag Aceh.

Penulis:Dedi/rel
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...