Kantor Imigrasi Meulaboh Buka Pelayanan Informasi Melalui WhatsApp Bagi Masyarakat

Kepala Imigrasi Meulaboh Imam Santoso

Meulaboh, Acehportal.com - Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, mengenalkan manfaat mengenai pelayanan informasi keimigrasian melalui media WhatsApp. Berguna mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi tentang pemanfaatanya, seperti kepengurusan paspor.

Kepala Imigrasi Meulaboh Imam Santoso Senin (23/9) kepada wartawan mengatakan, selain pencapaian target kenerja yang sudah dilakukan, pihaknya juga telah memberikan layanan informasi keimigrasian melalui media sosial WhatsApp. Karena kantor imigrasi kelas Il Meulaboh tersebut, mempunyai kinerja yang cukup luas terdiri dari tujuh kabupaten dan satu kota.

"Dengan luasnya wilayah kerja ini kita memberikan inovasi kepada masyarakat terkait dengan layanan informasi keimigrasian, dengan cara menggunakan layanan informasi melalui WhatsApp karena hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakan medsos ini,"ujarnya.

Mengenai layanan tersebut, sambungnya, bertujuan untuk mempermudah informasi bagi masyarakat wilayah Barat Selatan Aceh (Barsela), dalam mendapatkan pelayanan dan tidak mesti harus mendatangi kantor Imigrasi.

Untuk informasi lebih lengkap terkait segala kebutuhan tentang keimigrasian seperti pembuatan paspor atau persyaratan lainnya, maka yang bersangkutan hanya tinggal menyimpan nomor kontak yang sudah disediakan oleh pihak Imigrasi yaitu"08116888568"

“Pelayanan ini sangat membantu, yang bersangkutan tanpa harus bertanya lagi ke kantor. Jika mau membuat paspor, maka untuk syarat-syarat pembuatanya bisa bertanya langsung melalui whatsapp dengan cara mengeklik sesuai dengan kebutuhan, secara otomatis pertanyaan bersangkutan akan terjawab dengan otomatis,”sebutnya.

Menurutnya, upaya yang sudah dilakukan sangat membantu bagi masyarakat dalam mengetahui segala informasi keimigrasian, sebab wilayah kerja kantor Imigrasi kelas ll Non TPI Meulaboh sangat luas, maka untuk mempermudah bagi pemohon perlu adanya dukungan layanan berbasis media sosial.

Selain itu, kelebihan medsos tersebut juga dapat mencegah jika adanya kesalahan berkas pengurusan seperti membuat paspor. "Jadi sebelum mendatangi kantor, bersangkutan bisa bertanya dulu syarat dan kebutuhan lainnya melalui whatsapp imigrasi, ini sangat bermanfaat bagi pemohon yang berada jauh dari perkantoran imigrasi,"tambahnya.

Disisi lain, imam menyampaikan untuk pencapaian kinerja yang sudah direalisasi Imigrasi Meulaboh selama ini. Diantaranya penerbitan dokumen keimigrasi melebihi target yang ditetapkan mencapai 100 persen lebih, angka tersebut tentu melebihi target dari yang sudah ditetapkan.

“Dari target 5685 untuk penerbitan dokumen perjalanan, sedangkan realisasi yang sudah dikeluarkan mencapai 6675. Jumlah ini tentu sudah melebihi target. Dan ada beberapa hal lain sudah dicapai imigrasi,”ungkapnya.

Penulis:Dan
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...