Kabut Asap Selimuti Banda Aceh, BPBA Bagikan 5.000 Masker Untuk Warga

IMG_20190923_174542

Banda Aceh, Acehportal.com - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) membagi-bagikan masker kepada pengguna jalan di Simpang Lima Kota Banda Aceh, Senin (23/09/19).

Ada sekitar 5.000 masker yang dibagikan BPBA. Hal tersebut dikarekan kabut asap kiriman kebakaran hutan dan lahan (Karthula) di Sumatera mulai menyilimuti Banda Aceh hari ini.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBA Muhammad Syahril mengatakan kabut asap di Banda Aceh mulai hari ini semakin parah, kemarin tidak terlalu parah tapi mulai tadi pagi semakin pekat asapnya.

"Maka kita berinisiatif membagikan masker bagi pengguna jalan di simpang 5 Banda Aceh," ujarnya.

Ia mengatakan, hampir seluruh Aceh diselimuti Asap, ada beberapa Kabupaten yang sudah mengajukan permohonan masker ke BPBA adalah Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Singkil, Aceh Selatan, Simeulue, dan Aceh Utara.

"Ada sekitar 9 kabupaten yang sudah mengajukan permohomanannya, Insya Allah malam ini akan kita kirim perkabupaten 10 kotak masker," jekasnya.

Syahril menjelaskan, Yang paling parah menyelimuti asap di wilayah Aceh adalah yang berbatasan dengan Sumatera Utara seperti Aceh Tamiang dan Langsa.

Bahkan disana, kata Syahril, banyak masyarakat yang sudah terkena gejala ispa dan perih mata. Pihak BPBD sudah meminta kepada pukesmas setempat agar masyarakat yang terpapar untuk segera ditangani.

"Di sana jarak pandang 100 sampai 300 meter, bahkan informasinya kadaan di sana sudah seperti di Jambi atau Riau langitpun disana mulai memerah," terangnya.

Namun, Banda Aceh langitnya masih terlihat cerah tapi awan yang sebenarya masih tidak nampak karena tertutup asap.

Penulis:Dedi
Rubrik:Kota

Komentar

Loading...