Satlantas Polres Aceh Barat Tilang 505 Kendaraan dalam Operasi Patuh Rencong

IMG-20190916-WA0074

Meulaboh, Acehportal.com- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Aceh Barat berhasil menilang sebanyak 505 kendaraan karena melanggar aturan lalu lintas. Jumlah pelanggaran tersebut terjaring dalam Operasi Patuh Rencong 2019 mulai 29 Agustus sampai 11 September 2019.

Kapolres Aceh Barat AKBP Bobby Aria Prakasa melalui Kasat Lantas AKP Edi Raharjono SIK kepada wartawan Senin (16/9/2019) mengatakan, selama 14 hari operasi dilakukan pihak Satlantas berhasil menilang 505 kendaraan yang rata-rata tidak menggunakan helm saat berkendaraan.

Dikatakannya, kendaraan yang ditilang khususnya bagi yang tidak menggunakan helm berstandar pada saat berkendaraan dan yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) serta bagi pengendaran yang melawan arus.

Adapun titik utama pada saat operasi kemarin yakni, Jalan Gajah Mada, Jalan Nasional serta lokasi-lokasi yang dinilai kerap adanya pelanggaran lalu lintas. Namun, selama operasi tersebut dilakukan sudah banyak pengendaraan yang mentaati peraturan lalu lintas. Hanya saja perlu dilakukan pembinaan terhadap anak-anak yang terjaring kemarin karena belum memiliki SiM.

"Operasi tersebut berdampak baik bagi pengendaran selama kegiatan ini berjalan, bahkan sudah banyak pengendara yang patuh pada aturan lalu lintas. Dengan harapan kepada masyarakat terus mentaati peraturan lalu lintas yang sudah ditetapkan, agar terjamin keselamatannya pada saat dalam posisi mengendara sepeda motor atau mobil,"pintanya.

Dari jumlah 505 kendaraan yang sudah ditilang karena melanggar aturan lalu lintas, saat ini yang belum dilakukan pengurusan oleh masyarakat hanya 15 unit kendaraan roda dua, yang kendaraan tersebut terpakir di Kantor Satlantas Polres Aceh Barat.

“Selain itu, pihak kita juga akan terus melakukan intensifkan penegakkan hukumnya, baik melalui razia stasioner juga lewat patroli. Apabila masih kita temukan pelanggaran terhadap pengendara, maka kita hentikan untuk diperiksa. Guna untuk mengurangi tindak pelanggaran lalu lintas khususnya di wilayah Aceh Barat,"pungksanya. (Dan)

Penulis:Dan
Rubrik:DaerahHukum

Komentar

Loading...