BPJS Kesehatan Sosialisasi Program SCF dan Donasi kepada Bank Aceh

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM -  BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh melakukan sosialisasi Supply Chain Financing (SCF) dan Program Donasi JKN-KIS kepada PT. Bank Aceh Syariah yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Provinsi itu.

Kegiatan yang digelar di Kantor Pusat PT. Bank Aceh Syariah itu, turut dihadiri oleh Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Irwansyah, Pemimpin Pengganti Divisi SDI PT. Bank Aceh Syariah Ahmad Farabi, tim Divisi Sumber Daya Insani (SDI) PT. Bank Aceh Syariah dan jajaran BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Kamis (12/9/2019).

Irwansyah mengatakan, Supply Chain Financing atau yang biasa disebut anjak piutang merupakan salah satu program yang ada pada sebuah bank untuk memberikan pembiayaan atau bantuan dana dengan cara mengambil alih invoice tagihan pembayaran klaim kepada BPJS Kesehatan.

“Selain itu, juga untuk mendukung operasional dari suatu rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,”kata Irwansyah dalam materi sosialiasinya.

Ia menambahkan, manfaat yang didapat oleh rumah sakit melalui program SCF adalah untuk membantu cash flow rumah sakit agar tetap terjaga likuiditasnya sehingga operasional rumah sakit dapat berkesinambungan yang berdampak pada membaiknya pelayanan kepada masyarakat.

“Selain untuk operasional rumah sakit seperti membeli obat, alat medis, support dana tersebut juga dapat diperuntukan untuk pembangunan fisik rumah sakit sampai dengan pembayaran gaji karyawannya khususnya bagi rumah sakit swasta sehingga jika nantinya terdapat kesulitan keuangan dapat teratasi,” ungkapnya.

Selain SCF, ia juga memperkenalkan kepada jajaran PT. Bank Aceh Syariah tentang  program Donasi JKN-KIS yang merupakan sebuah program sebagai wujud dari prinsip gotong royong dan kepedulian kepada sesama demi terwujudnya Indonesia yang lebih sehat melalui pratisipasi dari perseorangan, badan usaha maupun lembaga lainnya.

“Jadi Program Donasi yang kami sampaikan kepada PT. Bank Aceh Syariah ini diperuntukan untuk membantu peserta PBPU yang menunggak membayar iuran JKN-KIS melalui penggalangan dana salah satunya dari badan usaha  yang bersumber dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang digunakan untuk membayar tunggakan iuran peserta PBPU,” jelasnya.

Sementara itu, Pemimpin Pengganti Divisi SDI PT. Bank Aceh Syariah Ahmad Farabi mengatakan akan membuat skema terlebih dahulu untuk kedua program tersebut yang kemudian akan disampaikan kepada jajaran direksi PT. Bank Aceh Syariah.

“Apa yang telah dijelaskan oleh BPJS Kesehatan pada kesempatan ini kami sudah paham dengan kedua program tersebut yaitu SCF dan Donasi, untuk selanjutnya kami akan mempelajari kembali dan membuat skema untuk program tersebut yang akan dipaparkan kepada jajaran direksi PT. Bank Aceh Syariah,”pungkasnya.(ril)

Komentar

Loading...