Sejumlah Kasus Pencurian Ban Mobil Terjadi di Aceh, Ini Kata Polisi

IMG-20190912-WA0031

Banda Aceh, Acehportal.com - Sejumlah kasus pencurian ban beserta velg mobil terjadi di beberapa wilayah Aceh. Beberapa waktu lalu, kasus ini terjadi di wilayah Bireuen dan Aceh Barat, bahkan dikabarkan kini terjadi hingga di wilayah Aceh Besar.

Uniknya, pelaku hanya mencuri empat buah ban tidak dengan mobilnya. Mobil ditemukan dalam keadaan terganjal setelah didongkrak dan kehilangan keempat bannya beserta velg. Tak hanya milik masyarakat biasa, beberapa mobil pejabat atau instansi tertentu pun menjadi korban.

Saat diminta tanggapan mengenai hal itu, Dir Reskrimum Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sarjito mengatakan, hingga kini pihaknya bersama seluruh Polres/Polresta jajaran masih melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Diduga, ini merupakan modus baru yang dilakukan para pelaku kriminal. Hal ini juga sudah kita beritahu ke seluruh jajaran Polres/Polresta di Aceh," ujarnya Kamis (12/9/2019) sore.

Meski baru beberapa laporan resmi maupun tidak resmi yang diterima, pihaknya hingga kini masih melakukan penyelidikan lebih dalam untuk mengungkap kasus tersebut. Masyarakat juga diminta untuk lebih berhati-hati dalam memarkirkan kendaraannya.

"Jangan lengah dalam memarkirkan kendaraan, gunakan kunci pengaman ganda. Kita masih selidiki untuk mengungkap kasus ini untuk mengetahui apakah ini sindikat atau lainnya," tambah Direktur.

Sementara itu, hal serupa dikatakan Wakapolda Aceh, Brigjen Pol Supriyanto Tarah usai kegiatan pembukaan pembekalan dan pelatihan keterampilan personel Polda Aceh jelang Purna Bhakti di Mapolda Aceh, Rabu (11/9/2019) kemarin.

Jenderal bintang satu itu mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap kasus pencurian ban mobil ini. Dirinya juga meminta masyarakat untuk menggunakan kunci pengaman ganda di setiap kendaraan.

"Jadilah polisi diri sendiri dengan menjaga barang atau kendaraan saat diparkirkan. Pemilik dapat menambah kunci pengaman ganda seperti rantai atau sejenisnya. Jangan bergantung pada aparat keamanan, pengamanan tergantung pada individu, jangan sampai lengah," ungkapnya.

Dikutip dari salah satu media online, Wakapolda mengaku, kasus pencurian ban mobil beserta velg ini belum tergolong meresahkan masyarakat sehingga belum ada instruksi khusus dalam kasus ini.

"Belum ada instruksi apapun, pesan saya pemilik tetap waspada saat memarkirkan mobilnya, terutama saat malam hari," tambah Brigjen Pol Supriyanto Tarah.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...