Ini Kronologis Pencurian Kambing Hingga Warga Bakar Mobil Pelaku di Aceh Barat

Pencurian Kambing Hingga Warga Bakar Mobil Pelaku di Aceh Barat

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Sebuah mobil jenis Daihatsu Taft milik dua pelaku pencuri kambing dibakar warga di kawasan Gampong Gunong Mata Ie, Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat, Selasa (10/9/2019) sore kemarin sekira pukul 16.00 WIB.

Dir Reskrimum Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sarjito mengatakan, hal ini terjadi karena warga mengetahui aksi pencurian kambing itu. Dua ekor kambing dicuri para pelaku di kawasan Gampong Blang Luwah dan Gampong Gunong Panyang, Kecamatan Woyla Timur, Aceh Barat.

"Masyarakat yang curiga kemudian mengejar mobil, setiba di lokasi mobil tergelincir dan pelakunya melarikan diri ke arah hutan. Mobil yang tertinggal akhirnya dibakar warga yang marah atas pencurian kambing itu," ujarnya saat dikonfirmasi.

Sementara, Kapolres Aceh Barat, AKBP Raden Bobby Aria Prakasa mengatakan, dua ekor kambing yang dicuri pelaku milik Saiful Amri yang merupakan warga Gampong Blang Luah, Kecamatan Woyla Timur, Aceh Barat.

Polisi pun akhirnya menangkap kedua pelaku yang sempat melarikan saat dikejar warga. Keduanya yakni EE (43), Sopir dan SY (31), Swasta yang merupakan warga Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya.

"Kedua pelaku mencuri kambing yang sedang berkeliaran di jalan, setelah menangkap kambing itu pelaku memasukkannya ke mobil melalui pintu belakang dan langsung melarikan diri," ujarnya Rabu (11/9/2019).

Aksi pencurian itu pun diketahui sejumlah warga yang sontak mengejar kedua pelaku. Saat dikejar, warga melihat seekor kambing yang dicuri dibuang pelaku dari dalam mobil. Keduanya pun lanjut kabur hingga mobil yang ditumpangi tergelincir.

"Keduanya turun dari mobil dan kabur ke arah semak dengan membawa seekor kambing lainnya yang dicuri. Pelaku ditangkap sore kemarin sekira pukul 17.30 WIB beserta barang bukti," kata Kapolres.

Saat EE dan SY kabur meninggalkan mobilnya, warga yang kehilangan jejak akhirnya membakar mobil pelaku yang tertinggal di pinggir jalan. Kini, keduanya masih diamankan polisi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kepada polisi kedua tersangka mengaku nekat mencuri kambing tersebut lantaran faktor desakan ekonomi. Pencurian kambing ini pun diakui baru pertama kalinya dilakukan.

"Dalam hal ini diamankan sebuah mobil Taft yang terbakar milik pelaku dan dua ekor kambing yang dicuri. Keduanya dijerat Pasal 363 Ayat (1) Ke-1e dan 4e dari KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara," jelasnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...