Turki Rencana Bangun Masjid di Bekas Pabrik Bir Bersejarah

Gedung bekas pabrik bir di Turki (Foto: Murad Sezer/REUTERS)

Istanbul - Pabrik bir modern pertama Turki bakal dibongkar setelah diambil alih otoritas keagamaan tertinggi di negara itu. Bangunan itu akan diubah menjadi masjid serta lahan parkir.

Pabrik bir Bomonti itu dibangun di akhir era kesultanan Ottoman dan terkenal di wilayah Istanbul. Pabrik itu didirikan pada 1890-an. Bangunan itu dimasukkan sebagai situs bersejarah oleh dewan konservasi kota.

"Strukturnya sangat penting. Ini akan membawa Anda ke masa lalu," kata seorang anggota Kamar Arsitek Istanbul, seperti dilansir Reuters, Kamis (5/9/2019).

Arsitek yang enggan menyebutkan namanya itu juga menyesalkan rencana pembongkaran pabrik. Dia mengatakan Kepresidenan Urusan Agama Turki, atau Diyanet, berencana untuk membangun masjid, asrama, tempat parkir dan ruang pameran di lokasi pabrik.

"Ini lebih dari sekadar warisan arsitektur. Pabrik bir Bomonti sangat istimewa," ujarnya.

Bagian lain dari pabrik sudah dihancurkan sekitar 10 tahun yang lalu untuk dijadikan hotel. Sementara bangunan lain dijual dan saat ini diubah menjadi bar, restoran dan tempat budaya.

Penghancuran bangunan bersejarah untuk proyek pembangunan kota Istanbul telah sempat diprotes warga setempat. Rencana untuk membangun pusat perbelanjaan dan replika barak Ottoman di taman Gezi di pusat kota memicu protes pada 2013 silam.

Arsitek itu mengatakan lisensi pembongkaran belum dikeluarkan pihak berwenang. Insinyur dan arsitek Uni Eropa (TMOBB) berencana untuk mengambil langkah hukum untuk mencegah pembongkaran setelah mereka menerima dokumen resmi.

"Peradilan biasanya terlambat untuk menghentikan implementasi. Yang perlu dilakukan adalah pemerintah daerah dan masyarakat Istanbul menghentikan praktik yang salah ini, " ucap arsitek itu.

Komentar

Loading...