Mahasiswa Aceh Barat Ikuti Pelatihan PKK dan PKW

IMG-20190830-WA0003

Meulaboh, Acehportal.com- Puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan di Aceh Barat mengikuti pelatihan Program Keterampilan Kerja (PKK) dengan Program Keterampilan Wirausahaan (PKW), di Aula Bappeda setempat, Jumat (30/8/2019).

Program yang merupakan bagian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikdup) ini serentak dilaksanakan. Sementara kegiatan di Bumi Teuku Umar digelar oleh Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Aceh Barat.

Ditjen Pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat Provinsi Aceh, Ashari Yahya, yang juga selaku pemateri menyampaikan pelatihan bersama ini kemudian akan ditindaklanjuti oleh masing-masing lembaga. Sehingga atas apa yang dihasilkan melalui program tersebut, maka akan berguna bagi peserta sebagaimana dibuat khusus untuk mahasiswa.

"Mengingat program pemerintah saat ini mereka harus mengetahui tentang bagaimana menyiapkan sumber daya manusia unggul, infrastruktur dan memiliki pokasi, dalam menghadapi tantangan hidup kedepannya,’’ungkapnya.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan lewat program PKK dan PKW seperti tentang manajemen perkantoran, menjahit, servis motor, kursus bahasa inggris serta jaringan listrik dan penerangan.

Kegitan tersebut nantinya dilakukan oleh lembaga-lembaga yang tergabung dari masing-masing lembaga serta memiliki instruktur masing-masing. Mereka juga akan di magangkan di berbagai tempat atau di lembaga instansi pemerintah.

"Mereka tidak hanya satu hari mengikuti pelatihan ini, tetapi peserta akan dilatih selama beberapa pekan berdasarkan bidang sesuai keahlian mereka masing-masing,"ujarnya.

Ketua forum LKP Cabang Aceh Barat, Zulbaidi selaku menjelaskan kegiatan ini merupakan program dari pusat dan di ikuti seluruh Indonesia, namun yang menjadi kegiatan hari ini yaitu pembukaan LKP yang ada di Aceh Barat dengan mengandeng delapan LKP.

Adapun LKP tersebut antara lain, LKP Apec, LKP bimbel Tugu, LKP Passinggrede, LKP Lpt-Profcom, LKP Detik, LKP Tugu Electric Courses, LKP Mandiri Service, LKP Jaya dan LKP Husti Custum.

"Kegiatan ini terus dilaksanakan sebulan penuh dan mereka akan dilatih oleh struktur yang ada di LKP masing-masing. Harapan kita, peserta nantinya minimal bisa membuka lapangan kerja, apalagi progam ini sudah menjadi wacana diseluruh Indonesia,"pintanya. (Dan)

Penulis:Dan
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...