SMKN 2 Meulaboh Dibekali Soft Skill dan Pengembangan Karakter

IMG-20190829-WA0011

Meulaboh, Acehportal.com- Sejumlah siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Meulaboh diberikan pembekalan soft kill dan pengembangan karakter melalui program “CK Mengajar”, yang dilaksanakan di aula sekolah setempat, Kamis (28/8).

Program “CK Mengajar” intensif yang dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 28 sampai 31 Agustus 2019, diselenggarakan sebagai bentuk upaya CK dan MIFA mendukung persiapan siswa SMKN 2 Meulaboh. Untuk mengikuti Kompetisi -Kompetensi Keahliah Teknik Alat Berat (K3TAB) tingkat nasional yang akan diselenggarakan PT Trakindo Utama di Cileungsi (Jawa Barat). Inisiatif sosial bidang pendidikan ini juga menjadi langkah nyata CK dan MIFA mengembangkan potensi mekanik dan operator profesional asal Aceh yang siap bekerja ke berbagai wilayah pertambangan Indonesia.

Kepala SMKN 2 Meulaboh, Drs Jufrinal mengatakan kegiatan pembekalan melalui CK Mengajar secara intensif kali ini menurutnya sangat membantu dan bermanfaat dalam membangun karakter kerja positif siswa agar lebih kompetitif.

“Tahun ini merupakan kali pertama SMKN 2 Meulaboh terlibat aktif sebagai peserta dalam kompetisi K3TAB level nasional. Selain memperkuat motivasi siswa untuk bersaing, tentu dukungan CK dan MIFA untuk SMKN 2 Meulaboh dalam ajang K3TAB dapat menjadi pengalaman baru, serta dapat menunjukkan citra positif siswa dan pendidikan di sekolah kejuruan,”jelasnya.

Menurutnya, inisiatif CK melalui pengembangan pendidikan secara berkelanjutan melalui kerjasama dengan SMKN 2 Meulaboh, menjadi satu-satunya SMK di Aceh yang memiliki jurusan teknik alat berat. Sebelumnya, CK juga telah berhasil mengirimkan 7 siswa lulusan SMKN 2 Meulaboh ke Training Centre (pusat pelatihan) CK di Balikpapan.

Selain itu, mereka merupakan hasil seleksi Program Fresh Green Mechanic (FGM) CK yang diselenggarakan untuk pengembangan potensi mekanik lulusan SMK. Di pusat pelatihan CK Balikpapan, mereka akan melanjutkan pendidikan kompetensi mekanik untuk menjadi teknisi profesional CK yang mengedepankan nilai integrity, continues development, Excellence, proaktif dan teamwork, yang merupakan bagian dari kultur kerja professional CK.

Kemudian, tim trainner CK secara bergantian selama 4 hari melakukan pendampingan terhadap 30 siswa SMKN pada Program CK Mengajar jelang K3TAB ini. Kegiatan dilaksanakan secara intensif sebagai upaya memperkuat kemampuan pengetahuan dan wawasan bagi siswa jurusan teknik alat berat SMKN 2 Meulaboh, serta pengembangan kompetensi pendukung dengan meningkatkan kemampuan komunikasi, presentasi, dan kerjasama siswa.

Peserta dalam 4 hari akan mendapatkan pembekalan dan latihan praktik komunikasi presentasi, serta penguatan motivasi yang kelak bermanfaat saat memasuki dunia kerja. Selain bimbingan tambahan terkait teknik alat berat, aktivitas pembelajaran CK Mengajar kali ini menyisipkan unsur permainan untuk pembentukan karakter siswa dan latihan kerja sama tim.

“Bangga bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan CK Mengajar, selain dapat tambahan ilmu diluar kelas, juga dapat pengalaman baru yang berharga. Kegiatan CK Mengajar juga mendukung cita-cita saya untuk menjadi mekanik alat berat,” tutur peserta CK Mengajar, Dicky Rizaldi. (Dan)

Penulis:Dan
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...