Bukhari dan Puan Adzkia Terpilih Sebagai Duta GenRe Aceh 2019

IMG-20190827-WA0066

Banda Aceh, Acehportal.com - Malam penganugerahan Duta Generasi Berencana (GenRe) Aceh Tahun 2019 sudah digelar di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh, di Banda Aceh, Senin malam (26/8/2019).

Hasilnya, dari 20 finalis (10 putra dan 10 putri), dewan juri memutuskan Bukhari dari PIK R (Pusat Informasi Konseling Remaja) Teman Sebaya dan Puan Adzkia Al-Anwari dari PIK R Lotus sebagai Duta GenRe Aceh 2019.

Dengan demikian keduanya akan mewakili Aceh diajang Pemilihan Duta GenRe 2019 Tingkat Nasional yang akan digelar pada Oktober mendatang.

Sementara itu Juara 2 dinobatkan kepada Alfi Syahri Nur Aziz (PIK R Peusapat) dan Niva Adillah (PIK R Jeumpa Puteh). Juara 3 diraih Agung Syuhada (STIKES Muhammadiyah) dan Shafira Mustaqima (PIK R Remaja Tegar). Juara Favorit disabet M. Rayyan Al Ghivari (PIK R Jeumpa Kuneng) dan Cut Salsabila Amarah (PIK R Antiq).

Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Sahidal Kastri dalam pidato sambutannya mengatakan, Duta GenRe yang akan mewakili Aceh ditingkat Nasional agar dapat mengharumkan kembali nama Aceh seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Saya rasa anak-anak kita mampu meraihnya. Untuk itu harus mempersiapkan diri dengan baik dari sekarang dalam hal wawasan maupun mental,” kata Sahidal.

Selanjutnya Sahidal mengatakan, Duta GenRe Aceh 2019 merupakan mitra kerja BKKBN yang bertugas sebagai panutan di kalangan remaja lain, agar mampu bersikap positif serta dapat menyebarluaskan program GenRe dan Triad KKR kepada masyarakat terutama kepada remaja.

"Remaja harus merencanakan masa depannya dengan baik, pendidikan, karir, dan berkeluarga. Remaja juga kita harapkan terhindar dari risiko Triad KRR (menghindari menikah pada usia muda, tidak melakukan seks pra nikah, dan jauhi narkoba),” kata. Sahidal

Kasubbid Ketahanan Remaja, Fahmi mengatakan, ajang pemilihan Duta GenRe Aceh setiap tahun digelar yang bertujuan untuk mempersiapkan sosok remaja yang menjadi role model bagi remaja lain dalam rangka mensosialisasikan program GenRe di kalangan remaja, serta sikap dan prilaku remaja untuk berprilaku sehat dan berakhlak mulia.

“Konsep pemilihan Duta GenRe tahun ini sangat berbeda dari sebelumnya karena mengedepankan aspek jati diri remaja dan kiprahnya dalam Program GenRe melalui PIK R,” ujar Fahmi.

Sebut Fahmi, dari 113 remaja yang ikut terseleksi 20 orang dan selama empat hari para remaja yang tergabung dalam PIK R ini di karantina dan kemudian mengikuti malam Penganugerahan Duta GenRe Aceh 2019.

Duta GenRe Aceh 2019, Bukhari dan Puan mengatakan, mereka akan mempersiapkan diri dengan baik untuk bertarung di tingkat Nasional. “Doakan kami agar bisa mengharumkan nama Aceh pada pemilihan duta GenRe tingkat Nasional,” ujar mereka.

Penulis:Dedi
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...