Kakanwil Kemenkumham Aceh: Juragan Dikembalikan ke Lapas Calang

acehportalKejaksaan negeri Calang menangkap terpidana Syamsuardi alias Juragan di dalam mobil

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Kakanwil Kemenkumham Aceh, Agus Toyib memerintahkan Kalapas Klas III Calang, Aceh Jaya menghadap dirinya menjelaskan terkait penangkapan Syamsuardi alias Juragan oleh Kejari Aceh Jaya saat berada di luar lapas tanpa pengawalan pihak lapas kemarin.

"Sudah saya perintahkan menghadap ke Kanwil, saya juga masih menunggu informasi dari Kadivpas," ujarnya Selasa (20/8/2019) kemarin.

Sementara, Kalapas Klas III Calang Aceh Jaya, Katimin mengaku tak tahu menahu tentang Juragan yang berada di luar lapas.

"Saat 17 Agustus kemarin Juragan berada di Lapas dan habis kegiatan itu saya izin karena besoknya hari Minggu, lalu di belakang saya terjadilah hal ini," katanya terpisah.

Dirinya memastikan tak ada izin Juragan untuk keluar lapas. Bahkan, dirinya mengatakan bahwa petugas lapas pun tak mengetahui hal ini karena yang diketahui Juragan hanya berada di sekitar lapas saja.

Informasi yang diperoleh, ada napi yang berkeliaran dan sering tidur di rumah Kalapas. Dirinya pun membantah akan hal ini. Namun, memang ada seorang saudara Juragan yang tinggal di samping rumah Kalapas.

Terkait informasi sejumlah napi lain yang sering keluar masuk lapas, dirinya mengatakan bahwa napi hang keluar masuk lapas selain Juragan memiliki izin dan dilakukan sesuai aturan serta kebijakan yang berlaku.

Kasi Pidsus Kejari Aceh Jaya, Yudi Saputra mengatakan bahwa yang bersangkutan telah dikembalikan ke Lapas Calang. Kasus ini pun akan tetap dilanjutkan dengan memanggil sejumlah saksi untuk diperiksa.

"Jika nantinya kasus ini mengarah ke pidana umum akan diserahkan ke Polres Aceh Jaya, tetapi jika pidana khusus kita sendiri yang melanjutkan," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Juragan ditangkap tim Kejari Aceh Jaya saat berkendara dengan mobil Toyota Harriernya di kawasan Krueng Sabee.

Penangkapan dilakukan setelah tim mendapatkan informasi bahwa ia kerap berada di luar lapas tanpa pengawalan petugas atau pihak lapas.

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...