Sidang Perdana Mantan Bupati Simeulu

Darmili Keberatan Atas Dakwaan Jaksa dan Ajukan Eksepsi

Penkum Kejati AcehMantan Bupati Simeulue, Darmili menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor Banda Aceh

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Mantan Bupati Simeulue, Darmili menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor Banda Aceh. Sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan dipimpin oleh majelis hakim yang diketuai oleh Juandra S.H.

Terdakwa kasus dugaan korupsi pada Perusahaan Daerah Kabupaten Simeulue (PDKS) tahun 2002-2012 dengan indikasi kerugian negara Rp 5 miliar itu didampingi Kuasa hukumnya Zaini Jalil S.H dkk.

Selama proses persidangan, darmili terlihat fokus mendengar dakwaan tim Jaksa Penuntut Umum yang berjumlah 5 orang diketuai langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Simeulue, Abdul Kahar Muzakkir S.H., M.H.

Setelah mendengar dakwaan penuntut umum, terdakwa melalui kuasa hukumnya menyampaikan keberatan dan akan mengajukan eksepsi pada sidang berikutnya.

Eksepsi adalah salah satu istilah yang digunakan dalam proses hukum dan peradilanyang berarti penolakan/keberatan yang disampaikan oleh seorang terdakwa, disertai dengan alasan-alasannya bahwa dakwaan yang diberikan kepadanya dibuat tidak dengan cara yang benar dan tidak menyangkut hal tentang benar atau tidak benarnya sebuah tindak pidana yang didakwakan.

Dalam hukum perdata, eksepsi berarti sebuah tangkisan atau bantahan, dan juga pembelaan yang diajukan tergugat terhadap materi gugatan penggugat.

Penulis:rol/redaksi
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...