Serda Mukhlis: Buka Lahan Jangan Dibakar

Aceh Besar – Babinsa Koramil 20/Darul Kamal, Serda Mukhlis berpesan kepada masyarakat binaannya agar tidak ada lagi yang membuka lahan dengan cara membakar.

Hal tersebut disampaikannya saat berbincang-bincang dengan masyarakat binaan di Desa Mane Dayah Kecamatan Darul Kamal Kabupaten Aceh Besar, Rabu (07/08/19).

Membuka lahan dengan cara dibakar itu dapat menyebabkan berbagai kerugian yang cukup besar, tidak hanya bagi diri sendiri bahkan bagi ekosistem makhluk hidup disekitarnya.

“Ada empat dampak negatif yang ditimbulkan akibat dari membakar hutan diantaranya rusaknya habitat satwa liar, adanya perubahan iklim karena efek rumah kaca, mengganggu kesehatan manusia dan merugikan ekonomi negara,” tuturnya.

Dirinya juga menambahkan, bahwa masih ada cara lain yang jauh lebih aman selain membakar lahan diantaranya yaitu membuat rintisan dan mengimasnya, menebang vegetasi di area lahan, membuat pancang jalur tanam dan membersihkan jalur tanam.

“Ke empat cara ini lebih aman dan dapat meminimalisir kerusakan hutan serta tentunya dapat menyelamatkan satwa liar yang hidup di area tersebut,” terangnya.

Serda Mukhlis berharap, kebakaran hutan bisa dimimalisir dengan adanya kepedulian bersama untuk tidak membakar lahan, walaupun untuk pertanian maupun perkebunan.

“Saya yakin kedepan kebakaran hutan masyarakat semakin paham akan pentingnya hutan bagi keseimbangan ekosistem makhluk hidup,” pungkasnya.

Komentar

Loading...